PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DENGAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SDN 1 PAGERSARI TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Rinneke Kurnia Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nasokha Nasokha Universitas Sains Al-Qur'an
  • Firdaus Firdaus Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Pendekatan Behavioristik, Metode Sosiodrama, Karakter Disiplin

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pembentukan karakter disiplin menggunakan pendekatan behavioristik dengan metode sosiodrama. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) .Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, lembar observasi, dan wawancara.Penelitian ini dilakukan di SDN1 Pagersari dengan subjek peserta didik kelas V. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan.Teknik analisis yang digunakan yaitu persentase dan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentuk karakter disiplin  melalui  pendekatanbehavioristik dengan metode sosiodrama ini mampu meningkatkan karakter disiplin siswa. Hal ini terlihat dari persentase indikator karakter disiplin yang mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, Fitri. 2017. “Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Behavioristik dengan Teknik Reinforcement Positif dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017". Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung..
Dwiningum, Mega, dkk. 2021. Linguistik Terapan Konsep Pembelajaran dan Penelitian Linguistik Mutakhir.Malang: Literasi Nusantara.
Juliya, Zahrotus Sunnah. 2014.”Hubungan antara kedisiplinan menjalankan sholat tahajjud dengan kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Jawaahirul Hikmah III Besuki Kabupaten Tulungagung”.Skripsi Sarjana, Universitas Islan Negeri Maulana Malik Ibrahim
Lesmana, Gusman. 2021. Bimbingan Konseling Populasi Khusus.Jakarta: Premada Media.
M, Fitri Nilam. 2018.“Upaya Meningkatan Disiplin Anak Dengan Metode Role Playing Di Paud Fitri Medan Berlawan”.
Mualimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik.
Priandoko, Hendiro Winata. 2017. “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Cermat dan Mandiri Serta Meningkatkan Nilai Hasil Belajar,” no. 1: 87–119. http://repository.unpas.ac.id/15324/2/6 abstrak indonesia.pdf%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/15324/6/3 .BAB III.pdf.
Sugiharto, R Toto. 2016. Enssiklopedi Karakter Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: Media Makalangan.
Sutiyono. 2013. “Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah: Sebuah Fenomena Dan Realitas.” Jurnal Pendidikan Karakter Volume 4 N: 34.
Published
2023-03-31

STATISTICS

Abstract viewed = 159 times
.pdf downloaded = 199 times