ANALISIS KEBUTUHAN MODUL FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

  • Resiana Heri Agusti Universitas Riau
Keywords:
Pembelajaran Fisika, Media Pembelajaran Fisika, Pembelajaran Kontekstual, Ketrampilan Berpikir Kritis siswa

Abstract

Untuk mengetahui keadaan dan masalah belajar yang dialami oleh siswa dan sebagai pedoman untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian analisis kebutuhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan study literatur, penyebaran angket, serta wawancara. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respon peserta didik dan panduan wawancara guru Fisika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Fisika belum memfasilitasi siswa untuk memaksimalkan ketrampilan berpikir kritisnya. Proses komunikasi yang terjadi selama pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher oriented learning), sehingga interaksi dalam pembelajaran yang diharapkan dapat berlangsung aktif dan interaktif belum tercapai. Dalam pendekatan CTL komponen-komponen pembelajarannya membantu siswa untuk memaksimalkan ketrampilan berpikir kritisnya. Penerapan pendekatan CTL ini akan lebih optimal jika menggunakan media pembelajaran seperti modul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Budiman, dkk., 2021. The Development Of Direct – Contextual Learning : A New Model On Higher Education. International Journal Of Higher Education. Vol 10, No 2, ISSN 1927-6044.
Aisyah, S., 2020. Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka Vol 2, No 1, hal 62-65. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1653809
Fathurrohman, M., 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Teras, Yogyakarta.
Firdausa, F, D., 2018. Application of Contextual Teaching and Learning (CTL) Components in Telecommunication Network Design and Optimization Course. International Journal of Chemistry Education Research. Vol 2, No 1, hal. 24-25.
Hasnunidah, Neni., 2012. Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Ekosistem Berbasis Konstruktivisme menggunakan media Maket. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol 13, No 1, hal 64-74
Martaningsih. S.T., 2015. IbM Active Learning Guru SD dan Penilaian Autentik. Prodi PGSD FKIP UAD, Yogyakarta
Nawas Abu. 2018. Contextual Teaching And Learning (CTL) Approach Through React Strategies on Improving The Students’ Critical Thinking In Writing. International Journal of Management and Applied Science. Vol 4, No 7, hal 46-51.
Novrizal Saputra, Desnita, Murtiani, dan Wahyuni Satria Dewi., 2019, Analisis Sajian Buku Teks Pelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 2 Terkait Komponen Contextual Teaching and Learning (CTL). Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.
Permatasari, I, dkk., 2013. Penerapan Media Mind Mapping Program Pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI.A2 SMA Negeri 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 1, No 2, hal 28-34.
Published
2023-03-31

STATISTICS

Abstract viewed = 172 times
.pdf downloaded = 133 times