Pembuatan Media Pembelajaran Digital Fisika Berbasis Web Application pada Platform Android dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa SMA Kelas X pada Materi Gerak Parabola

  • Ari Suko Priyambodo Universitas Sebelas Maret
  • Farid Rahmat Hidayat Universitas Sebelas Maret
  • Muhtar Husnadi Universitas Sebelas Maret
Keywords:
media pembelajaran, e-learning, platform android, gerak parabola, web application

Abstract

Saat ini masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mata pelajaran fisika khususnya pada materi gerak parabola, karena bahan ajar yang digunakan oleh guru masih berisfat konvensional dan tidak mengikuti perkembangan zaman, sehingga tidak mengakomodasi gaya belajar siswa saat ini. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Web Application pada platform Android dengan pendekatan Saintifik untuk membantu siswa dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan dan menguji kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi : (1) Analysis, (2) Design (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluate. Teknik analisis data yang digunakan meliputi validasi ahli, kuisioner respon siswa yang dianalisis menggunakan analisis gain score. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli pada aspek materi memperoleh hasil 64 dan pada aspek tampilan memperoleh hasil 67, sehingga media pembelajaran ini memiliki kriteria sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran “FisikAKU” berbasib Web Application pada Platform Android dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa SMA Kelas X pada Materi Gerak Parabola dapat dinyatakan memenuhi kriteria baik yaitu memenuhi kriteria self instructional, self contained, stand alone, adaptive dan user friendly

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44–50. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2
Azwar, S. (2007). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
Endang Mulyatiningsih. (2012). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. UNY Press.
Ibrahim, H., Sihkabuden, Suprijanta, & Kustiawan. (2001). Media pembelajaran: Bahan sajian program pendidikan akta mengajar. UM.
Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk 1. 3.3 Pembelajaran Fisika, 8(2), 66. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/11140
Rasjid, F. E. (2010). Android: Sistem Operasi Pada Smartphone. https://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/7/Android--sistem-Operasi-pada-Smartphone.html
Rusman. (2016). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta.
Samudra, G., Suastra, M., & Suma, M. (2014). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–7.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suparno, P. (2005). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Grasindo.
Yatmono, Yulianti, D., & Akhlis, I. (2013). Bahan Ajar Fisika Online Untuk Mengembangkan Kemandirian Dan Minat Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kalor. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(2).
Published
2023-03-31

STATISTICS

Abstract viewed = 195 times
.pdf downloaded = 160 times