Meningkatkan Kreativitas AUD melalui Bermain Outdoor di PAUD TPQ Roudhatul Muhajirin Jolontoro Sapuran
Kreativitas, Bermain outdoor, Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh bermain outdoor terhadap kreatifitas anak di PAUD TPQ Roudhotul Muhajirin Jolontoro Sapuran. 2) Mengetahui bagaimana peningkatan kreativitas AUD melalui bermain Outdoor di PAUD TPQ Roudhotul Muhajirin Jolontoro Sapuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsif dengan subjek penelitia anak kelompok B berjumlah 11 anak terdiri dari 5 anak laiki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi berupa foto kegiatan selama proses pembelajaran. Untuk mencapai derajat kebenaran keabsahan data yang digunakan peneliti menggunakan tehnik triangulasi yaitu gabungan antara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan menyeleksi data, mendeskripsikan data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain oudoor berpengaruh pada kreativitas anak kelompok B hal ini terbukti pada kriteria yang didapat anak yaitu berkembang sangat baik. Kreativitas anak meningkat dengan permainan di halaman sekolah atau outdoor hal ini terbukti bahwa anak semakin kreatif dan dapat melakukan hal-hal baru. Dapat disimpiulkan bahwa bermain outdoor dapat meninggkatkan kreativitas anak kelompok B.
Downloads
References
Arif, Immawan Muhammad. 2016. Alat Permainan Edukatif Outdoor yang Digunakan Mengembnagkan Motorik Kasar di TK Se-Kecaman Wonosari Gunung Kidul, Pendidikan Anak Usia Dini 8, no 5.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dahlan, Dwi Nur Aini. 2019. Identifikasi dan Optimalisasi Permainan Outdoor dalam Pembelajaran pada Taman Kanak-kanak di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan, Islamic education 1, no. 2.
Fahriyani, Diana Vidya. 2016. Pengembangan Kreativitas AUD. Cendikiawan 4, no. 2.
Herlina, Susi. 2018. Pembelajran PAUD dengan Setrategi Outdoor, Jurnal of Islamic Early Childhod Edocation 1, no. 1.
Indrijati, Herdina dkk. 2015. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan AUD. Surabaya: Percetakan Kharisma Putra utama.
Manurung, Ade Kurnia Rizky. 2021. Permainan Outdoor dalam Membentuk Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2.
Maunah. 2009. Ilmu Pendidikan. Tulung Agung: Teras.
Moeslikhatoen. 2002. Metode Pengajaran di Taman Kana-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhyidin dkk. 2004. Ensiklopedia Pendidikan Anak Usia Dini Jilid 1 Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Musfiroh, Tadkirotun. 2003. Kreativitas Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pusdi PAUD Primagama.
Qomariyah, Siti. 2016. Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Outdoor terhadap Keterampilan Motork Kasar Anak TK di Kecamatan Tandes Surabaya, Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 5.
Saputra, Aidil. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Volume 10, Nomor 2
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syoadih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Vera Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: Diva Press
Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.