Implementasi IoT (Internet of Things) Berupa Pembuatan Sakelar Jarak Jauh Berbasis Android
Internet of Things, Sakelar Jarak jauh, Module ESP8366, Module Relay, Aplikasi Blynk
Abstract
Penyebab pemborosan energi yang paling sering terjadi adalah lupa (Rahmadyani & Kusuma, 2019). Untuk mengatasi pemborosan listrik yang disebabkan oleh manusia tersebut salah satunya adalah dengan dengan membuat sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan mikro kontroler yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuatan sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan Arduino Nano dan (2) mengetahui prinsip kerja sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan Arduino Nano. Prosedur dalam penelitian ini dibagi dalam lima tahapan, yaitu (1) tahap perancangan; (2) tahap pembuatan desain; (3) tahap penentuan komponen; (4) tahap pembuatan alat; dan (5) tahap percobaan alat. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan arduino nano berhasil dibuat; dan (2) berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, sakelar jarak jauh berbasis android menggunakan arduino nano dapat digunakan untuk mengontrol on/off sakelar menggunakan android melalui aplikasi Blynk.
Downloads
References
Putra, Chrystia Aji & Puspaningrum, Eva Yulia. (2020). Pengendalian dan Pemantauan Air pada Sistem Hidroponik dengan Memanfaatkan Internet of Things (IoT). Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 1, 6-9. https://doi.org/10.33005/santika.v1i0.34
Rahmadyani, Helfa, & Kusuma, Hanson E. (2019). Four Energy Waste Behavior Groups: Hypothesis Development Using Grounded Theory. Jurnal Permukima, 14(2), 28-91, https://doi.org/10.31815/jp.2019.14.82-91
Sugiyono, Agus. (2014). Permasalahan dan Kebijakan Energi Saat Ini. Peluncuran Buku Outlook Energi Indonesia 2014 & Seminar Bersama BPPT dan BKK-PII Permasalahan, 9-16
Santoso, Hartono Budi, Prajogo, Sapto, & Mursid, Sri Paryanto. (2018). Pengembangan Sistem Pemantauan Konsumsi Energi RUmah Tangga Berbasis Internet of Things(IOT). Jurnal Elkomika, 6(3), 357-366, http://dx.doi.org/10.26760/elkomika.v6i3.357