KETERCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PjBL DENGAN BERBANTUAN APLIKASI ZOOM DAN DI WHATSAPP MESSENGER.MASA PANDEMIC COVID-19

  • S Ida Kholida
  • Suprianto Suprianto
Keywords:
Model Pembelajaran PBjL, Media Zoom, Media WhatsApp

Abstract

Pada masa pandemic covid-19 sangat berdampak pada bidang pendidikan selain bidang ekonomi. Dampak bidang pendidikan terlihat pada sistem pembelajaran, dimana mahasiswa belajar di rumah secara on-line, hal ini merupakan tugas bagi dosen untuk tetap memberikan pelajaran yang tetap efektif dan mahasiswa tetap tercapai hasil belajarnya pada mata kuliah strategi pembelajaran, sehingga mahasiswa menjadi tuntas belajarnya. Penelitian ini tentang penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk menuntaskan dan meningkatkan ketercapaian hasil belajar mahasiswa serta mendeskripsikan aktivitas mahasiswa pada semester 4 prodi pendidikan fisika Universitas Islam Madura. Penelitian ini menggunakan tiga siklus yang terdiri dari fase perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar tes evaluasi, dan lembar observasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunujukkan ketuntasan klasikal kelas tersebut sebesar  84% pada siklus I, 92% pada siklus II, dan 96% pada siklus III serta hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya dengan nilai uji gain sebesar 0,46 pada siklus I, 0,53 pada siklus II, dan 0,60 pada siklus III.  Adapun persentase keaktifan mahasiswa sebesar 79% pada siklus I, 83% pada siklus II, dan 85% pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, maka telah tercapai  hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah strategi pembelajaran dengan menggunakan model PBjL dengan berbantuan aplikasi zoom dan wash ap, sehingga tuntas  dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta dapat menciptakan mahasiswa aktif dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[2] Arikunto, Suharsimi, 2009, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.
[3] Baisori. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Menuntaskan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di Kelas X-B MA Miftahul Ulum Bringin Laok Somber Angsanah Palengaan Pamekasan. Pamekasan: Universitas Islam Madura.
[4] Daryanto. 2011. Media pembelajaran. Bandung:Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
[5] https://www. Pengawas.xyz/20202/05/ penerapan-model-pemb-project-based-learning html.
[6] Insyasiska, Dewi, dkk. 2015. Pengaruh Project Based Learning terhadap motivasi Belajar, Kreatif, Kemampuan Berfikir Kritis dan Kemampuan KognitifSiswa Pada Pembelajaran Biologi.
[7] Jannah, Siti Khotijah Raudatul, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Fluida Statis di Kelas XI-IPA B MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. SKRIPSI. Pamekasan: Universitas Islam Madura
[8] Sudjana, Nana, 2010, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rodaskarya
[11] Syah, Fanny Firman dkk. 2014. Pengaruh Model Team Assisted Individualitation dengan Structure Exercise Metode terhadap Hasil Belajar. JPK.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times