PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EXE LEARNING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS : DAMPAK BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR

  • Laskaryani Cahya Ningrum
  • Mukhlis Rohmadi
  • Hadma Yuliani
Keywords:
Problem Based Learning, Multimedia eXe learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan eXe learning pada materi momentum dan impuls, (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model PBL berbantuan multimedia eXe learning pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan di MA Muslimat NU Palangka Raya pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di MA Muslimat NU Palangka Raya. Di dalam mengambil sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh peserta didik kelas X IPA yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimental design yaitu pretes-postes (One-Group Pretest-Posttest Design). Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Hasil penelitian disimpulkan (1) terdapat  peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model PBL berbantuan multimedia eXe learning diperoleh N-gain sebesar 0,72 dengan  kategori tinggi (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model PBL berbantuan multimedia eXe learning diperoleh N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud Dalam Sosialisasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.
[2] R. Diani et al.,” Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,” J.Penelitian Pembelajaran Fisika 7, hal. 147-155, 2016.
[3] R. D. Jayanti et al, ” Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (Pbl) Melalui Metode Poe Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik,” Prosiding, Seminar Nasional Pendidikan, 2016.
[4] A. G. P. Putra et al., ”Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA (Kelas X Sma Negeri 3 Jember)”, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 2, hal 129 - 134, 2016.
[5] M. D. Kartika et al.,” Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha ,Volume 4, 2014.
[6] I. P. Sari et al., ” Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Smk Negeri Di Kabupaten Jember”, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.4 No.3, Desember 2015, hal 268 - 273
[7] N. Rerung et al., ” Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi Vol 06, hal 47-55, 2017.
[8] C. E. Parasamya dan A. Wahyuni,” Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 2 No.1,hal 42-49, 2017.
[9] D. Dzamarah, ”Pengembangan e-learning dan desain”, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014.
[10] S. Azizah et al.,” Penggunaan Media Internet eXe-Learning Berbasis Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, al Pendidikan Sains (2017), Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains (2017), Volume 6 (2): 197 – 213
[11] D. Mukhlas, ”Tutorial Modul eXe learning”, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2017.
[12] Niami dan Gunawan,” Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik”, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol 4 No 2, 2018.
[13] I. Yusuf dan S. W. Widyaningsih,” Pembelajaran Pbl Berbantuan Lab-Vir Melalui Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum Universitas Papua”, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. VI. No. 2, 2018.
[14] Mardiana et al.,” Pengaruh Modul Program Krpl Berbantuan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 18 Malang, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 No: 1, Hal: 25—34, 2016.
[15] T.Wulandari et al., ”Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA”, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 1, No. 1, 2020.
[16] A. Hastuti et al., ” Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika”, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol II No.3, 2016.
[17] Amri, S., & Ahmadi, I. K., ”Proses Pembelajaran Kreatif, Inovatif Dalam Kelas”, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010
[18] Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
[19] M. Husnah, Hubungan Tingkat Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Journal of Physics and science Learning, Vol 1, No. 2, 2017
[20] Purwanto, ”Evaluasi Hasil Belajar”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
[21] M. P. Wardani dan Dwikoranto, ”Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 08, 2019.
[22] P. K. Sidabutar dan Motlan, ”Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Pokok Momentum dan Impuls”, Junal Inovasi Pembelajaran Fisika, Vol 4, Hal. 34-41, 2019
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 151 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 182 times