Pengembangan Komik Berbasis Mitigasi Bencana Sebagai Sumber Belajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa
Komik, Mitigasi bencana, Literasi sains
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pengetahuan yang dihasilkan dari metode ilmiah. Ilmu pengetahuan alam dibagi menjadi beberapa cabang ilmu dalam pendidikan. Dunia pendidikan memiliki berbagai keadaan termasuk masalah-masalahnya, seperti halnya berkaitan dengan pendidikan kebencanaan. Indonesia sendiri sebagai Negara dengan potensi bencana alam yang tinggi, dalam melakukan pendidikan kebancanaan masih kurang optimal.. Salah satu faktornya adalah masih kurangnya media belajar atau sumber belajar siswa tentang kebencanaan. Oleh karena bacaan yang kurang dan kegiatan membaca siswa yang rendah, siswa pun kurang memahami dan kurang mengembangkan kemampuan literasi sainsnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perlunya pengembangan komik berbasis mitigasi bencana sebagai sumber belajar tambahan bagii siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Library Research kemudian dari hasilnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan komiknya. Hasil penelitian setelah melakukan kajian dari berbagai artikel terkait, menunjukan bahwa perlu diadakannya pengembangan komik,karena komik dianggap efektif digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
[2] Meliyawati. 2016 Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta : Deepublish.
[3] Darmadi. 2018. Optimalisasi Strategi Pembelajaran. Lampung : Guepedia.
[4] Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
[5] Siti Wasliyah. 2018. Komik Bencana Meningkatkan Sikap Kesiapsiagaan Bencana pada Anak Sekolah Dasar negeri Bulakan Kecamatan Gunung Kencana Banten Selatan Tahun 2017. Banten : Jurnal Medikes Vol 5 edisi 1.
[6] Rusilowati dkk. 2012. Mitigasi Bencana Alam berbasis Pembelajaran bervisi Science Environtment Technology and Society. Semarang : Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.
[7] Yeyen Janatul I’liyin. 2016. Penggunaan Media Komik untuk Pembelajaran Kebencanaan Longsor di SMPN 41 Semarang. Semarang: Skripsi Universitas Negeri Semarang.
[8] Ainun Jariah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Materi Proses Pembekuan Darah Kelas XI MA Madani di Pao-pao gowa. Makasar : UIN Alauddin.
[9] Werdani Sulistya Hadi. 2015. Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas untuk Sekolah Menengah Atas. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
[10] Dwi Astuti Dian Kurniasari dkk. 2014. Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu dengan Tema Pendengaran Kelas VIII. Semarang : Unnes Science Education Journal.
[11] Sri Jumini, et all. 2020. Authentic Assessment of Science Technopreneurship Skills in Learning Physics. TEST Engineering & Management magazine, Vol. 83: May/June 2020.
[12] Sri Jumini, dkk. 2019. Pengembangan Komik Fisika terhadap Kreativitas Siswa.: Peran Pendidik Fisika dalam Mempersiapkan Society 5. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).