Studi Pendahuluan Evaluasi CIPP Pembelajaran Fisika Pada Kurikulum 2013

  • Martina Eryyani
  • Acep Kusdiwelirawan
Keywords:
Evaluasi, CIPP, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum di sekolah dengan adanya kegiatan evaluasi kurikulum untuk mengetahui hambatan dan kendala yang dihadapi oleh sekolah agar dapat diperbaiki dan memperlancar pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi. Tahapan penelitian dimulai dari studi pendahuluan, kemudian membuat instrumen untuk angket. Selanjutnya, pengisian wawancara dengan kepala sekolah dan guru fisika dan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Hasil studi pendahuluan dapat dilihat bahwa dari enam Sekolah Menengah Atas atau SMA di Bekasi belum sepenuhnya menerapkan kurikulum 2013. Tetapi di dalam jurnal ini membahas studi pendahuluan berupa hasil survey pembelajaran fisika pada kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Mahmudi. I, “CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan” vol. 6, no. 1, Juni 2011.

[2] Hamalik. O, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

[3] Triwiyanto. T, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 2015.

[4] Achidayat. Maman et al., Evaluasi Dalam Pembelajaran, Tangerang : Pustaka Mandiri,2017.

[5] Yani. A, Mindset Kurikulum 2013, Bandung: Alfabeta, 2014.

[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Pengembangan, Bandung : Alfabeta, 2016.

[7] Anidi, Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta : Parama Publishing, 2017.

[8] Ruhimat. Toto et al., Kurikulum dan Pembelajaran., Depok : Rajawali Pers, 2017.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times