UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN KELAS V MI MA’ARIF NU KLESMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
penerapan metode edutaiment, kemampuan kognitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan penerapan metode edutainment pada mata pelajaran Matematika materi luas bangun datar kelas V MI Ma’arif NU Klesman tahun pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan penggunaan metode edutaimnent terhadap ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana peneliti melakukan kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode edutainment dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional dengan menerapkan perlakuan yang berbeda. Pada kelas eksperimen, kegiatan pembelajaran menggunakan metode edutaiment, sedangkan pada kelas kontrol tanpa menggunakan metode edutaiment. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperiment yaitu digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi terkendalikan. adapun metode yang di gunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan dokumentasin, tes dan instrumen penelitian. Analisis data dengan cara analisis pendahuluan dan analisis hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Adanya peningkatan peningkatan penerapan metode edutainment pada mata pelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan kelas V MI Ma’arif NU Klesman tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan dari perhitungan, dapat diketahui bahwa hasil dari uji t hitung adalah 1,67469. Untuk mengetahui adakah peningkatan hasil prestasi belajar, peneliti membandingkan hasil uji t hitung dengan t tabel. Dengan ketentuan t tabel adalah sebagai berikut, drajat kesalahan (dk) yang digunakan oleh peneliti adalah 5%. Dengan nilai (n1+ n2-2) adalah (27 + 27 – 2=52), maka nilai t tabel adalah 1,67469. berdasarkan hasil t hitung dan t tael diketahui bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel, ada peningkatan kemampuan kognitif mata pelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan melalui metode Edutaiment Kelas V MI Ma’arif Nu Klesman Tahun Pelajaran 2019/2020. Dan 2) Besar peningkatan penggunaan metode edutaiment terhadap ranah kognitif. Dengan menggunakan uji gain dapat diketahui hasil peningkatan kemampuan kognitif, diketahui jumlah dari uji gain secara keseluruhan adalah 3,03. Jika dilihat dari hasil yang ada, dan dibandingkan dengan iterpretasi uji gain, hasil tersebut lebih dari 0,7. Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa ranah kognitif setelah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode edutaiment, berada pada kategori tinggi.
Downloads
References
[2] Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
[3] Darmadi, Hamib. Metode Penelitian Pendidikan. cet. 2; Bandung: Alfabeta
[4] Hamdani.2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung:Cv Pustaka Setia
[5] Hasratuddin. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Universitas Negari Medan
[6] Hidayanti, Erizan Nur dan Djumali. Penerapan Metode Edutainment Humanizing The Classroom Dalam Bentuk Moving Class Terhadap Hasil Belajar. FKIP-UMS
[7] Hikmah, Mahi M. 2011. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu
[8] Jacobsen, David A. 2009. Promoting Student Learning In K12 Classroom, ter.Achmad Fawaid, Methods For Teacing. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[9] KBBI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/prestasi%20belajar. Diunduh pada: kamis 2 mei 2019: 09:36
[10] Mufidah, Lina. 2013. Pengaruh Metode Edutaiment Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teknik Teknik Dasar Memasak di SMK Negeri 2 Godean. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
[11] Nana Syaodih Sukmadina. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. 9; Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[12] Nazir, Muh. 2009. Metode penelitian. cet. 7; Bogor: Ghalia Indonesia
[13] Noor, Juliansyah. 2013. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertai, dan Karya Ilmiah. Cet. 3; Jakarta: Kencana Prenada Media Group
[14] Pertiwi, Ika Ari, dkk. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Sama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutaiment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas muria kudus
[15] Prof.Dr.Sugiyon. 2017 Statistik Untuk Penelitian. Cet. 28; Bandung: Alfabeta
[16] Raehang. Pembelajaran Aktif Sebagai Pembelajaran Koomperatif. Jurnal Al-Ta,dib, Vol. 7, No. 1
[17] Riyanto, Yatim. 2009. Paradikma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Imlementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Premadia Grub
[18] Saebani, Beni Ahmad. 2008 Metode Peneitian. cet. 10; Bandung: Pustaka Setia
[19] Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
[20] Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Metodologi penelitian kuantitatif untuk bidang ilmu adminitras, kebijakan publik, ekonomi, sosiologi, komunikasi dan ilmu sosial lainya. Yogyakarta: Graha Ilmu
[21] Slavin, Robert E. 2017. Psikologi PendidikanTteori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks
[22] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RND.cet. 21; Bandung: alfabeta
[23] Sulastri, dkk. Meningkatkan Hsil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako
[24] Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras
[25] Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika untuk Guru, Calon Guru, Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika. Cet.3; Bandung: Alfa Beta
[26] Suprijono, Agus. 2015. Cooprative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Cet;XIV; Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
[27] Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Cet, 3; Jakarta: KENCANA PRENADIA GROUP
[28] Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Cet, 3; Jakarta: KENCANA PRENADIA GROUP
[29] Tajuddin, Sasmita. Penerapan Metode Pembelajaran Edutaiment (Education Entertaiment) Terhaap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas X. 6 SMA Negeri 16 Makasa. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makasar
[30] Waseso, Hendri Purbo. 2016. Perencanaan Sistem pembelajaran Berbasis Pencapaian kompetensi. Cet.2; Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia
[31] Widoyoko, Eko Putro. 2014. Evaluasi Program Pembelajarn Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Cet.VI; Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[32] Yuliardi, Ricki, dkk. 2017. Statistika Penelitian. Yogyakarta: Innosain