Merancang E-Learning dengan Edmodo sebagai sarana Study from Home pada Masa Tanggap Darurat COVID-19

  • Widodo Setiyo Wibowo
Keywords:
Edmodo, E-learning, Covid-19

Abstract

Penerapan e-learning merupakan alternatif terbaik dalam penyelenggaraan pembelajaran di tengah pemberlakuan study from home (SFH). Sayangnya, hal ini belum berjalan dengan optimal salah satunya karena kurangnya penguasaan teknologi digital di kalangan pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujauan untuk mengupas secara teoritis berdasarkan studi pustaka tentang bagaimana merancang e-learning dengan menggunakan Edmodo. Edmodo sangat komprehensif sebagai sebuah LMS. Dalam mendukung proses pembelajaran, Edmodo dilengkapi dengan beberapa aktivitas pembelajaran, seperti “Quiz”, “Assignment” dan “Poll”. Sementara itu, dalam hal resources (bahan ajar), Edmodo mendukung bahan ajar berupa “File” dan “Link” (URL/ Embed media). Selain itu, Edmodo juga menyediakan fasilitas “Gradebook” danAward Badge“ untuk merekam kemajuan belajar peserta didik. Edmodo juga memungkinkan orang tua peserta didik untuk memantau pembelajaran melalui fasilitas “Parent Code”. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk merancang e-learning dengan Edmodo, yaitu: 1) pendidik bergabung dengan Edmodo sebagai “teacher”, 2) pendidik melengkapi profil, 3) pendidik membuat group, 4) peserta didik bergabung dengan Edmodo sebagai “student”, 5) pendidik membuat posting, serta 5) pendidik memonitor perkembangan belajar peserta didik. Pembelajaran melalui Edmodo mampu meningkatkan partisipasi aktif, motivasi, fleksibilitas peserta didik. Dengan demikian, penggunaan Edmodo akan mendukung keberhasilan belajar di era SFH.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus (COVID-19). Jakarta: Kemdikbud RI, 2020.
[2] A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” Journal of Education, Psichology and Counseling, vol.2, no. 1, pp.1-12, 2020.
[3] K. Arizona et al., “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi COVID-19,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 64-70, 2020.
[4] W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 55-61, 2020.
[5] Taufiqurrahman, Kisah Viral Guru Avan, Datangi Satu Per Satu Rumah Murid untuk Mengajar di Tengah Pandemi Corona. Diakses dari https://regional.kompas.com/read/2020/04/18/14595211/kisah-viral-guru-avan-datangi-satu-per-satu-rumah-murid-untuk-mengajar-di?page=all. pada 30 Juni 2020.
[6] S. Çankaya et al., “Using Educational Social Networking Sites in Higher Education: Edmodo through the Lenses of Undergraduate Students,” European Journal of Educational Technology, vol. 1, no.1, pp. 3-23, 2013.
[7] V. Miller, Understanding Digital Culture. London: SAGE, 2011.
[8] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
[9] M. Zed, Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014.
[10] Prawiladilaga et al., Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2013.
[11] M. F. Paulsen, Online Education. NKI Forlaget, Hans Burumsvei 30, N-1357 Bekkestua: Norway, 2003.
[12] S. Siahaan, “E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 9, no. 42, pp. 303-321, 2003.
[13] S. Noirid, “E-Leraning Models: A Review of Literature”, Paper presented at the 1st International Conference on Educational Reform. Bangkok, Thailand. November 9-11, 2007.
[14] B. Güzer and H. Caner, “The past, present and future of blended learning: an in depth analysis of literature,” Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 116, no. 2014, pp. 4596-4603, 2014.
[15] M. Nakayama et al., “The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students,” Electronic Journal E-Learning, vol. 5, no. 3, pp. 195-206, 2007.
[16] R. K. Ellis, Field Guide to Learning Management Systems. San Fransisco: ASTD, 2009.
[17] B. A. Shawar, “Learning Management System and its Relationship with Knowledge Management”, Paper Presented at The 4th International Conference on Intelligent Computing and Information Systems 2009. Cairo, Egypt, March 19-22, 2009.
[18] C. Kongchan, “Edmodo: A User-Friendly Social Learning Platform”. Paper presented at The 4th TCU International e- Learning Conference 2012 on Smart Innovations in Education and Lifelong Learning, IMPACT, Muang Thong Thani, Nonthaburi, Thailand. June 14-15, 2012.
[19] K. Balasubramanian et al., “A study on “Student preference towards the use of Edmodo as a learning platform to create responsible learning environment,” Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 144, no. 2014, pp. 416-422, 2014.
[20] M. Scott, “Go Ahead ... Be Social: Using Social Media to Enhance the Twenty-First Century Classroom,” Distance Learning, vol. 9, no. 2, pp. 54-59, 2012.
[21] M. Batsila et al., “Entering the Web-2 Edmodo World to Support Learning: Tracing Teachers Opinion after Using it in their Classes,” iJET, vol. 9, no. 1, pp. 53-60, 2014.
[22] Professional Development Service for Teachers (PDST). Edmodo Instruction Manuals Incorporating Junior Cycle Key Skills, School Self-Evaluation and suggested teaching strategies. Diakses dari https://pdst.ie/sites/default/files/Edmodo%Instructions_0.pdf. pada 3 Juni 2019.
[23] M. Enriquez, “Students’ Perception on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning,” Paper Presented at the DLSU Research Congress 2014: Philippines. De La Salle University, Manila, Philippines. March 6-8, 2014.
[24] M. Supaporn, “Undergraduate Students’ Perceptions of Edmodo as a Supplementary Learning Tool in an EFL classroom,” Silpakorn University Journal of Social Sciences, Humanities, and Arts, vol.16. no. 2, pp. 137-161, 2016.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 89 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 131 times