Penelitian Awal Pengaruh Model dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika
Model Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model dan pendekatan pembelajaran yang dipilih oleh pendidik terhadap hasil belajar fisika peserta didik sebagai penelitian awal untuk mencari model dan pendekatan yang tepat dan dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini adalah tahapan awal dari rangkaian panjang tahapan penelitian inti yakni pengaruh model Collaborative Teamwork Learning pada materi Usaha dan Energi berbasis Multi Representasi terhadap hasil belajar fisika. Metode penelitian ini adalah observasi. Hasil penelitian awal nenunjukkan rata-rata skor hasil belajar fisika peserta didik sebesar 60,5 dengan rata-rata skor tiap butir soal tertinggi pada soal dengan bentuk matematis yaitu 16,1 dan terendah soal dengan bentuk grafik yaitu 7,5 dengan persentase 61% peserta didik yang memiliki hasil belajar di bawah kriteria ketuntasan minimum dan 39% peserta didik memiliki hasil belajar di atas ketuntasan minimum. Sehingga dapat dikatakan sebagian besar peserta didik belum mencapai indikator keberhasilan rata-rata sebesar 75% yang berarti perlu dilakukan penelitian lanjutan.
Downloads
References
[2] Sinar, Metode Active Learning.Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
[3] Sumantri, Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
[4] Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017.
[5] Giancoli, D.C, Fisika Jilid 1 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga, 2001.
[6] Indrawan, Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama, 2016.