HASIL ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN EBOOK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI

  • Salsa Ariani Rodhiah
  • Liszulfah Roza
Keywords:
Ebook, Multipel Representasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa aplikasi yang didalamnya berisi ebook untuk peserta didik kelas X, ebook yang dikembangkan memuat materi fisika SMA dan berbasis multipel representasi. Pengembangan ebook ini dapat digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi fisika, dapat dijadikan sumber belajar tambahan selain buku paket di sekolah.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan, menggunakan metode Research and Development. Tahap awal pada penelitian ini dimulai dengan melakukan studi pendahuluan. Studi pendahuluan yang dilakukan meliputi studi pustaka dan studi lapangan. Hasil studi pustaka didapatkan melalui berbagai buku dan sumber bacaan yang terkait dengan penelitian. Studi lapangan diperoleh melalui wawancara mengenai ebook yang akan dikembangkan, wawancara dilakukan kepada guru bidang studi fisika di SMA. Selain itu juga dilakukan analisis kebutuhan kepada peserta didik. Tahapan selanjutnya yaitu membuat design awal ebook yang akan dikembangkan. Ebook dikembangkan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Setelah ebook dikembangkan, ahli media dan ahli materi melakukan validasi terhadap ebook tersebut, lalu direvisi berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi. Tahap berikutnya dilakukan uji coba terhadap peserta didik di beberapa SMA yang ada di Kepulauan Riau. Dalam jurnal ini hanya membahas studi pendahuluan berupa hasil analisis kebutuhan terhadap pengambangan ebook berbasis multipel repsesentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Putrawansyah, Ferry, Zulkardi, dan Sardianto, “Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan kalor di Sekolah Menengah Atas,” Indonesian Journal on Networking and Security, vol. 5, no. 4, pp. 39-41, 2016.
[2] Shiratuddin, N et al., (2003). “E-Book Technology and Its Potential Applications in Distance Education,” Journal of Digital Information, vol. 3, no. 4, 2003.
[3] Irwandani, “Multi Representasi sebagai Alternatif Pembelajaran dalam Fisika,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol. 3, no. 1, pp. 1-3, 2014.
[1] Abdurrahman, Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Representasi Jamak, Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
[2] Hamdi, A.S. & Bahruddin, E, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta: Deepublish, 2014.
[3] Hermawan, I, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
[4] Pribadi, B. A, Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE, Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
[6] Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Depok: Rajawali Pers, 2012.
[7] Saefullah, I, Membuat Buku Digital Mandiri, Indramayu: Kainoe Books, 2017.
[8] Salim & Haidir, Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis, Jakarta: Kencana, 2019.
[9] Sherley, Y.U, Pengembangan Media E-book pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2014.
[10] Sunyono, Model Pembelajaran Multipel Representasi. Yogyakarta: Media Akademi. 2015.
[11] Tompo, B, Cara Cepat Membuat Buku Digital Android, MATsNUEPA PUBLISHING, 2017.
[12] Yudhanto,Y. & Wijayanto, A, Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times