ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MODEL MIND MAP ANDROID BERBASIS BRAIN BASED LEARNING

  • Iktivaiyatul Mawadah
  • Nyai Suminten
Keywords:
bahan ajar, brain based learning, mind map

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran, sebagai pendidik perlu meningkatkan kreatifitas dalam menyiapkan bahan ajar yang hendak disampaikan. Bahan ajar yang digunakan siswa perlu mengikuti keinginan sesuai cara kerja otak masing – masing dikenal dengan bbl (brain based learning). Mind map merupakan model yang mengembangkan cara berpikir dengan membuat kerangka bercabang sesuai dengan susunan materi agar mudah diingat, sehingga otak dapat bekerja secara natural dan sesuai dengan kehendak diri sendiri. Analisis kebutuhan ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan pada bahan ajar, dan tanggapan mengenai pengembangan bahan ajar model mind map android. Jenis metode penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Hasil yang diperoleh dari analisis ini ialah tanggapan guru dan siswa terhadap pengembangan bahan ajar model mind map cukup baik. Bahan ajar yang digunakan pendidik bersifat monoton namun dapat dipahami, tidak adanya tugas mind map untuk meningkatkan pemahaman siswa. Siswa juga menyetujui adanya pengembangan bahan ajar yang menarik, mudah dipahami dengan memanfaatkan smartphone android yang dimiliki. Maka dari itu, data dari analisis kebutuhan ini menjadi studi pendahuluan pengembangan bahan ajar model mind map, selanjutnya dikembangkan menjadi suatu aplikasi mind map yang akan digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Y. Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: PRENADAMEDIA Group, 2016.
[2] G. Douglas.C, FISIKA, 5/Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2001.
[3] S. Windura, Mind Map Langkah Demi Langkah. PT. Elex Media Komputindo, 2016.
[4] T. Bates, HOW TO MIND MAP: 7 easy steps to master mind mapping techniques, note-taking, creative... thinking & brainstorming skills. S.l.: LULU COM, 2019.
[5] M. Masita and D. Wulandari, “Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa,” kreatif, vol. 9, no. 1, pp. 191–198, 2018.
[6] D. Kurniyawan, E. Trisnowati, and F. Firdaus, “Integrasi Model Pembelajaran POE dan Mind Map untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIIE SMP N 2 Magelang,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 6, no. 1, p. 84, 2020, doi: 10.32699/spektra.v6i1.114.
[7] I. Permatasari, J. Jamzuri, and D. Wahyuningsih, “Penerapan Media Mind Mapping Programpada Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xi.a2 Sma Negeri 4 Surakarta,” J. Pendidik. Fis. Univ. Sebel. Maret, vol. 1, no. 2, p. 120238, 2013.
[8] R. I. A. N. Utami, “Meningkatkan Hasil Dan Motivasi Belajar Fisika Menggunakan Model Learning Cycle 6E Berbantuan Mind Map,” Pontianak, 2015.
[9] L. Lukman and I. Ishartiwi, “Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Smp,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 109–122, 2014, doi: 10.21831/tp.v1i2.2523.
[10] Katadata, “Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019,” 2017. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019. [Accessed: 20-Feb-2020].
[11] C. Afyuni, R. G. Hatika, and S. Rita, “Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu Pada Mata Pelajaran Fisika Setelah Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Map,” Riau, 2015.
[12] E. Jensen, Brain Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008.
[13] S. S. M. RISKA SAPARINA, “Pengaruh Model Brain Based Learning (Bbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013,” Bio-Pedagogi, vol. 4, no. 1, pp. 59–65, 2015.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 100 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 136 times