STUDI PENDAHULUAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SMA

  • Rahmaniah Dhuha
  • Nyai Suminten
Keywords:
Studi Pendahuluan, Brain Based Learning, Penguasaan Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran yang biasa guru gunakan  pada pembelajaran didalam kelas serta sejauh mana pembelajaran dapat diterima baik oleh siswa. Analisis kebutuhan dilakukan dengan cara observasi di dalam kelas serta angket secara online berupa google form. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitain ini peneliti melakukan observasi dan menyebarkan angket. Hasilnya guru masih menggunakan metode konvensional sehingga pembelajaran masih kurang efektif dan sistem pembelajaran menggunakan cara kerja otak dirasa cukup. Merujuk kepada pembelajaran Brain Based Learning yang telah dikemukakan sebelumnya, maka pembelajaran yang dibanggun akan memerlukan unsur pemahaman didalamnya. Pemahaman konsep tersebut akan membuat siswa lebih memahami segala yang diajarkan oleh guru. Sehingga dalam pembelajaran memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengasah kemampuan berpikir, dengan suasana yang menyenangkan serta berperan aktif berpartisipasi secara optimal dalam pembelajaran, karna motivasi dapat menggerakan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. d. Afib, Model Pembelajaran Brain Based Learning Bermuatan Multiple Intelliences, Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam., 2017.
[2] j. E., Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak: Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan., Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
[3] S. A. Awolola, "Effect of brain-based learning strategy on students’ achievement in senior secondary school mathematics in Oyo State, Nigeria.," Cypriot Journal of Educational Sciences, pp. 91-106, 2011.
[4] I. E. S. D. U. Norma Lita Sari, "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING," Jurnal Pendidikan Mandala 61, vol. I, 2016.
[5] Sukisna, "UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN METODE GALLERY WALK BAGI SISWA KELAS X SEMESTER GASAL," SP E K T R A: Jurnal Kajian Pendidikan Sains 6, vol. I, 2020.
[6] S. Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta , 2009.
[7] E. R. Syifa Eka Oktaviana, "Model BRAIN BASED LEARNING (BBL) Untuk meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konse Daur Ulang," Antologi UPI, vol. V, no. 1, pp. 99-110, 2019.
[8] Wardani, Penelitian Tindakan Kelas., Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
[9] E. M. B. Ibnu Imam Al Ayubi, "PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA," Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, vol. I, no. 3, 2018.
[10] A. Iswati, Metedologi Penelitian Kuantitatif., Surabaya: Air langga University Pers, 2017.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 124 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 139 times