ANALISI KEBUTUHAN: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING E-POCKET BOOK

  • Lutfiatul Afifah
  • Imas Ratna Ermawaty
Keywords:
Media Pembelajaran, Blended Learning, E-Pocket Book

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran yaitu berupa e-pocket book yang dapat membantu Mahasiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Menurut hasil analisis yang sudah dilakukan di kampus A dan kampus B, pembelajaran online mendapatkan presentase 56,3% dengan kriteria “dibutuhkan” pada kampus A, dan mendapatkan presentase 55,6% dengan kriteria “dibutuhkan” pada kampus B. hal ini menunjukan mendukungnya pembelajaran blended learning di dalam kelas. Untuk analisis kelayakan e-pocket book Mahasiswa kampus A memberikan presentase 50% dan kampus B presentase 55,6% dengan kriteria yang sama pada kampus A dan kampus B yaitu “dibutuhkan”. Hal ini menunjukan respon Mahasiswa sangat positif dengan diadakannya media pembelajaran berupa e-pocket book.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Undang-undang. 2008. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Transmedia Pusaka.
[2] Rusman, dkk., 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
[3] Sumiharsono, Rady dan Hasanah, H. 2018. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.
[4] Khuluqo, Ihsana El. 2017. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[5] Marhadini, SAK., dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola untuk Siswa SMA: Unnes Physics Education Journal.
[6] Hamka, Defrizal dan Noverta Effendi., 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA. Riau: Jurnal.unimed.ac.id universitas samudra.
[7] Banggur, MDV, dkk. 2018. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. Jakarta: Journal.unj.ac.id.
[8] Puri, Sekar Asrining. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Tailoring. Surabaya: jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
[9] Ash-Shiddieqy, dkk. 2015. Pengembangan Mobile Pocket Book sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional CS 5.5 Pada Materi Gerak Lurus SMA Kelas X. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
[10] Salyani, Resi., dkk. 2018. Pengembangan Buku Saku pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) di MAN Model Banda Aceh. Banda Aceh: Jurnal Unsyiah.
[11] Syahroni, dkk., 2016. Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Futsal Untuk Wasit Futsal Di Kabupaten Pasuruan. Semarang: Universitas Negri Malang.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times