PROFIL ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM GAYA GESEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMAN 1 JIWAN

  • Muhammad Yahya Qosim
  • Jeffry Handhika
Keywords:
keterampilan Proses sains, media pembelajaran, mikrokontroler

Abstract

Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk membuat sebuah profil analisis kebutuhan yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan sebuah media pembelajaran gaya gesek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif  dengan data pengamatan, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. (1) Ruang lingkup pada kegiatan pengamatan ini mencakup fasilitas media praktikum di SMAN 1 jiwan, (2) wawancara pada guru dan siswa, untuk mengetahui informasi penggunaan media praktikum dalam pembelajaran, (3) dokumen hasil ulangan harian, (4) observasi keterampilan proses sains. Hasil dari penelitian diperoleh (1) media praktikum yang telah terintegrasi dengan teknologi masih belum ada di laboratorium fisika SMAN 1 Jiwan, (2) Masih menggunakan media praktikum manual sehingga data yang dihasilkan kurang akurat, (3) hasil ulangan harian siswa mendapat nilai yang relatif rendah dengan rata – rata nilai 52 dari jumlah siswa 28 siswa dan masih dibawah ketuntasan minimum 67. (4) melalui kegiatan observasi ketrampilan proses sains yang meliputi indikator Mengamati, merancang percobaan, menggunakan alat dan bahan, dan interpretasi data dapat diketahui bahwa kemampuan proses sains siswa masih sangat rendah yakni mendapatkan rata – rata sebesar 38 dari nilai maksimum 100. Dilihat dari analisis kebutuhan yang didapatkkan maka sangat direkomendasikan untuk mengembangkan media praktikum yang telah terintegrasi dengan teknologi terkini yaitu dengan memanfaatkan teknologi mikrokontroler.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Septri., A. Hamdi & Zulherman, “Pengembangan Panduan Praktikum Perangkat Gelombang Mikro Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Di Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Unsri,” Jurnal inovasi dan pembelajaran fisika., vol.1, no. 2, pp. 171 – 178, 2014. (3 penulis)

[ ] H. N. Rofiah & H. Jeffry, “Penggunaan Media Pembelajaran Im3 Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Siswa.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika., vol.3, no.1, pp. 31 – 40, 2012. (2 penulis)
[ ] T. Marlene & D, Bennett, “The New Science Literacy: Using Language Skill To Help Students Learn Science,”regents of the university of California., vol. 9, no.5, pp. 75 – 147, 2002. (2 penulis)
[ ] H. Farida & Y. A. Candra, “Pengembangan Odd "Osilator Digital Detector" Sebagai Alat Peragap raktikum Gerak Harmonik Sederhana,” Jurnal pendidikan dan inovasi., vol.4, no. 1, pp. 1 – 4, 2016. (2 penulis)
[ ] O. Putri., S. Bambang & E. S. Sukiswo, “Pengembangan Alat Peraga Kit Optik Serbaguna (AP-COS) untuk meningkatkan Ketrampilan Proses Sains,” Jurnal Inovasi PendidikanIPA,. vol. 2, no. 4, pp. 189 – 200, 2017. (3 penulis)
[ ] Dimyati dan Moedjiono, Belajar dan Pembelajaran, jakarta: RinekaCipta, 2002.
[ ] Sutopo, Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press, 2006.
[ ] Triyanto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times