ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA

  • Very Irawan
  • Imas Ratna Ermawaty
Keywords:
media pembelajaran, video animasi 3d

Abstract

Studi pendahuluan dalam penelitian ini menguraikan tentang kebutuhan media video animasi 3d dalam proses pembelajaran bagi guru dan peserta didik di SMAS Budhi Warman II Jakarta dan SMA N 113 Jakarta. Studi pendahuluan pada penelitian ini terdiri atas observasi dilapangan. Tujuan penelitian ini  adalah (1) Mengetahui kebutuhan guru dan peserta didik terkait media pembelajaran (2) Mengetahui tanggapan guru dan peserta didik mengenai video animasi 3d yang akan digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran,  (3) Menganalisis kesesuaian bentuk media video animasi 3d pada pelajaran fisika dibutuhkan guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan guru mata pelajaran fisika disekolah. Sampel dipilih secara acak dengan jumlah peserta didik 63 dan guru sebanyak 4 guru fisika di sekolah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Rusdiana and E. A. Juanda, “Pengembangan Computer Supported Creative Thinking Test ( CSCeT-Test ) Tahap Validasi,” vol. 5, no. 1, pp. 44–53, 2019, doi: 10.32699/spektra.v5vi1i.67.
[2] A. Nordin, L. H. Ling, and F. Pendidikan, “Hubungan Sikap Terhadap Mata Pelajaran Sains Dengan Penguasaan Konsep Asas Sains Pelajar Tingkatan Dua,” vol. 2, no. June, pp. 89–101, 2011.
[3] A. P. Nunuk Suryani, Achmad Setiawan, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
[4] N. Nurhasanah, Y. R. Denny, and I. S. Utami, “Penerapan Media Pembelajaran Majalah Fisika ‘ Physicsmagz ’ Berbasis Contextual Learning Untuk Programme for International Student,” vol. 6, no. 1, pp. 53–63, 2020.
[5] J. Tengah, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL,” pp. 46–54.
[6] L. L. Hartariani, L. P. E. Damayanthi, I. M. A. Wirawan, and I. M. G. Sunarya, “PENGEMBANGAN Media Pembelajaran 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Penyandang Tunagrahita (Studi Kasus: Siswa Kelas D2/Semester 2 SLB C Negeri Singaraja),” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, pp. 137–147, 2016, doi: 10.23887/jptk.v13i2.8522.
[7] email: riswanhafidh@gmail. co. Riswan Hafidh Fajri Romadhona, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran ‘ Salut ’ Pada Subtema Transportasi Untuk Anak Kelompok-B Tk Marsudi Siwi,” E-Jurnal Prodi Teknol. Pendidik., vol. VI, pp. 602–615, 2017.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times