HASIL ANALISIS KEBUTUHAN ALAT KONSTANTA PEGAS DENGAN MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA
Media Pembelajaran, Konstanta Pegas, Mikrokontroler
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan sains dan teknologi, sehingga bidang pendidikan juga tidak luput dari pengaruh kemajuan tersebut. Dalam bidang pendidikan media pembelajaran masih kurang dikembangkan, sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat konstanta pegas dengan mikrokontroler sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain pengembangan media instruksional Borg and Gall. Hasil yang ingin didapatkan berupa prototype alat praktikum konstanta pegas dengan mikrokontroler sebagai media pembelajaran Fisika. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan di dua sekolah yaitu SMA Budhi Warman II dan SMA PGRI 4 Jakarta , didapatkan 11,7% peserta didik menggunakan alat praktikum sebagai media pembelajaran, 65% peserta didik mengalami kesulitan pada saat praktikum Hukum Hooke, 65% peserta didik belum mengetahui alat praktikum berbasis sensor, 40% peserta didik membutuhkan alat praktikum sebagai media pembelajaran, 35% peserta didik tertarik dengan alat praktikum berbasis sensor.
Downloads
References
[2] Arsyad, Azhar and Asfah Rahman, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
[3] Jurnal teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan, vol. 2, No. 2, Desember 2015.
[4] Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: Deepublish cv Budi Utama, 2017.
[5] Kurniasih, Imas and Berlin Sani, Lebih Memahami Konsep & Proses Pembelajaran Implementasi & Praktek dalam Kelas. Jakarta: Kata Pena, 2017.
[6] M. Yaumi, , Media dan teknologi pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia group, 2018.
[7] Ali muhson, “Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi” Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, vol. VIII. No. 2 – tahun 2010, Hlm. 1 – 10
[8] Sujarwata, Belajar Mikrokontroler BS2SX Teori, Penerapan dan Contoh Pemograman P Basic. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[9] Anshary and Edidas, “Pengembangan Trainer Mikrokontroler sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Fault-Finding” voteknika vol.6, no. 2, Juli-Desember 2018
[10] Salim and Haidir, Penelitian pendidikan : Metode, pendekatan dan jenis, Kencana, 2019.