SURVEY STUDI PENDAHULUAN PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SMA
Pembelajaran, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Fisika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui SMA mana saja yang telah menerapkan pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS)dan bagaimana penerapannya pada pembelajaran fisikasebagai penelitian awal. Penelitian ini merupakan langkah awal dari penelitian selanjutnya yaitu analisis penerapan pembelajaran HOTS fisika SMA kelas XI. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru fisika di beberapa SMA, dalam penelitian ini saya mangambil sampel 4 sekolah yang ada di Jakarta timur. Data yang dikumpulkan menggunakan kuisoner berupa angket.Data yang di dapat berdasarkan angket yang diberikan kepada guru di SMA baik swasta maupun negeri. Tahapan penelitian ini dimulai dari studi pendahuluan. Dalam jurnal ini membahas hasil studi pendahuluan berupa analisis survey terhadap pembelajaran HOTS. Secara keseluruhan dari 4 sekolah yang telah disurvey atau sebesar 100% responden sudah menggunakan kurikulum 2013 revisi, mengetahui pembelajaran HOTS. Namun, ada 2 sekolah atau sebesar 50% responden sudah menerapkan pembelajaran HOTS dan pelatihan HOTS, dan 3 sekolah atau sebesar 75% responden memahami pembelajaran HOTS. Berdasarkan hasil tersebut saya ingin melakukan penelitian lanjutan penerapan pembelajaran HOTS fisika SMA khususnya kelas XI.
Downloads
References
2. Saefuddin H. Asis & Ika Berdiati (2014) Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosda karya
3. Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: deepublish
4. Helmawati. (2019)Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
5. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.