HASIL PENELITIAN AWAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO TERHADAP

  • Haseena Chika Pawinsky
  • Tri Isti Hartini
Keywords:
Reciprocal Learning, Edmodo, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian awal ini bertujuan untuk mengetahui apakah sekolah yang akan dijadikan objek penelitianĀ  pernah menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning maupun menggunakan Edmodo dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, selain itu peneliti juga ingin mengetahui model apakah yang digunakan didalam kegiatan belajar mengajar dalam sekolah yang akan dijadikan objek penelitian dan untuk mengetahui seberapa pengaruh model pembelajaran yang digunakan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian awal yang digunakan adalah wawancara dan observasi, kemudian untuk metode penelitan inti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Tahapan penelitian dimulai dari penelitian awal untuk studi pendahuluan. Hasil penelitian awal menunjukkan rata-rata skor hasil belajar peserta didik sebesar 61,5, dengan presentase 61% peserta didik yang memiliki hasil belajar di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan 39% peserta didik memiliki hasilĀ  belajar di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM). Sehingga dapat dikatakan sebagian besar peserta didik belum mencapai indikator keberhasilan rata-rata sebesar 75% yang berarti perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Jihad dan Haris. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.
[2] Huda, M. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
[3] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (mixed Methods). Bandung: Alfabeta. 2012
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times