RANCANG BANGUN E-MODUL TERMODINAMIKA DI SMA

  • Aan Andianah
  • Mirza Nurhidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media yang diperlukan peserta didik pada pembelajaran Fisika berupa modul. Modul fisika akan membahas materi hukum Termodinamika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) di kelas XI semester genap. Dengan adanya inovasi media yang memanfaatkan teknologi yang semakin canggih sehingga modul dapat diintegrasikan kedalam bentuk elektronik (e-modul) sehingga akan menjadikan peserta didik belajar secara mandiri dan pembelajaran fisika akan selalu menarik. E-modul termodinamika sebagai penunjang pembelajaran berupa rangkaian-rangkaian kegiatan pembelajaran yang disediakan pendidik dalam bentuk yang singkat agar peserta didik lebih mudah memahaminya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi dengan teknik pengambilan data berupa survei ke salah satu SMA unggulan dan pengisian angket analisis kebutuhan, hasil data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Adapun data hasil observasi melalui pengisian angket analisis kebutuhan pada 154 responden peserta didik dengan presentase 56,5% berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa diperlukan adanya media e-modul termodinamika untuk pembelajaran Fisika di SMA dan dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] L. M. N. Wathoni, Filsafat Pendidikan Islam, CV Uwais I. Ponogoro, 2018.
[2] N. Nurhasanah, “Penerapan Media Pembelajaran Majalah Fisika ‘Physicsmagz’ Berbasis Contextual Learning Untuk Meningkatakan Kemampuan Literasi Sains,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 6, no. 1, p. 53, 2020.
[3] M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran, Prenadamed. Jakarta, 2018.
[4] T. Hidayat, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Suplemen History Of Mathematics, CV Pena Pe. Banyumas, 2018.
[5] N. S. Herawati and A. Muhtadi, “Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 180–191, 2018.
[6] N. Sulistyawati, B. Esmar, and Siswoyo, “Pengembangan E-Modul Fisika Tegas Inquiry Based Learning Pada Materi,” SNF2019-PE-151Prosiding Semin. Nas. Fis., vol. VIII, pp. 151–158, 2019.
[7] K. Kamajaya and W. Purnama, Aktif dan Kreatif Belajar Fisika, Grafindo M. Bandung, 2013.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times