ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI 3D MENGGUNAKAN TEKNIK RIGGING

  • Muhammad Lutfi Al Ayubi
  • Mirza Nur Hidayat

Abstract

Animasi merupakan salah satu media yang memiliki peranan sangat penting dalam proses pembelajaran. Dengan adanya animasi, diharapkan peserta didik dapat belajar secara mandiri serta terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Animasi yang banyak digunakan saat ini adalah animasi 2D. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon peserta didik terhadap rancangan pengembangan media pembelajaran berbasis animasi 3D. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik sekolah menengah atas negeri yang berada di wilayah Bekasi dan Jakarta. Sampel dipilih secara acak sebanyak 30 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar angket analisis kebutuhan oleh peserta didik yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis angket kebutuhan menunjukkan bahwa 1) peserta didik membutuhkan media berupa animasi 3D, 2) tampilan animasi 3D yang dikembangkan diharapkan memiliki desain yang menarik, 3) Konten dalam animasi tersebut berisi penjelasan materi, contoh soal, dan penerapannya dalam kehidupan sehaeri-hari. Analisis kebutuhan ini merupakan bagian dari studi awal pengembangan media pembelajaran berbasis animasi yang mampu mendukung peningkatan inovasi dalam perkembangan teknologi dibidang pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. P. Prasetya, Media Pembelajaran Geografi, Yogyakarta: Ombak, 2014.
[2] d. Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
[3] M. N. M. S. Rizo Budi Prastowo, “Physics Three-Dimensional Animation Learning Multimedia For Core Atom Subject Using Blender Aplication For Senior High School,” JOM, vol. 3, no. 2, pp. 1-8, 2016.
[4] B. N. Z. Arista, “Pengembangan Media Pembelajaran Cartoon 3D Berbasis Blender Pada Pembelajaran Matematika Perkalian Bilangan Kelas II SDN Kaliombi Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017,” SImki-Pedagogia Vol. -2 No. 02, pp. 2-13, 2018.
[5] U. C. A. d. H. Wibawanto, “Pengembangan Media Animasi Interaktif 3 (Tiga) Dimensi Sebagai Alat Bantu Ajar Mata Pelajaran IPA Kelas VII menggunakan Blender Game Engine,” Jurnal Teknik Elektro, vol. vol. 7 No. 2, pp. 62-70, 2015.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 123 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 135 times