SAINS DAN AL-QURAN UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Artikel ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antar sains dengan Alqur’an, sains dengan disiplin, sains dengan karakter, Alqur’an dengan disiplin, Alqur’an dengan karakater. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2017 sampai bulan Pebruari 2018 di SMP N 1 Temanggung. Populasi penelitian adalah artikel dari beberapa peneliti. Sampel penelitian ini diperoleh secara acak sehingga menghasilkan enam artikel yang ada hubungannya antara sains, Alqur,an, disiplin dan karakter peserta didik. Metode penelitian berdasarkan analisis isi dari berbagai sumber, selanjutnya diberi penafsiran secara kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam artikel yang diteliti ada hubungan antara sains, Alqur,an, sehingga mampu meningkatkan disiplin dan karakter peserta didik.
Downloads
References
Diknas. 2010. Konsep Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Di Kelas. http:// mgpmgl.blogdetik.com/2010/12/02/konsep-pendidikan-karakter/comment-page-1. Diakses pada 12 Desember 2017
Kementerian Agama RI. 2007. Al-Qur’anul. Bandung: PT sygma Ekamedia Arkanleema.
Muslimah. 2015. Fakta ilmiah kebenaran Alqur’an dalam berbagai bidang ilmu Pengetahuan. http://mujahidah213.blogspot.co.id/2015/03/fakta-ilmiah-kebenaran-al-quran-dalam.html. Diakses pada 12 Desember 2017.
Naik, Zakir Abdul Karim. 2017. Telaah: Kesesuaian Antara Qur’an dan Sains Modern. https://kicknews.today/2017/04/11/telaah-kesesuaian-antara-quran-dan-sains-modern/. Diakses pada 12 Desember 2017.
Salahuddin. 2017. Karakter Manusia Menurut Al-Qur’an. https://belajaraturanislam.blogspot.co.id/2017/06/karakter-manusia-menurut-al-quran.html. Diakses pada 12 Desember 2017.
Salim, Muhamad. 2013. Al-Qur’an, Sains dan Ilmu Pengetahuan. http://serbamakalah.blogspot.co.id/2013/02/al-quran-sains-dan-ilmu-pengetahuan.html. Diakses pada 12 Desember 2017.