IMPLEMENTASI OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 BAKAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar IPA kelas V SDN 2 Bakal, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bakal setelah menggunakan metode outdoor study, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Bakal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design dengan Nonequivalent Control Group. Siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kedua kelompok diberi pretest dan posttest. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan metode outdoor study, sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran dengan metode konvensional. Populasinya adalah seluruh siswa SDN 2 Bakal, sedangkan sampelnya adalah kelas V SDN 2 Bakal. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling.
Hasil analisis menunjukkan thitung = 0,28 > ttabel = 0,205. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA. Persentase peningkatan hasil belajar sebesar 34,3% dengan <g>hitung = 0,7 yang berarti kategori peningkatan belajar sedang.
Downloads
References
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif,. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hadi, Amirul. 1998. Metodologi Penelitan Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia.
Mahmud. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Margaret E. Gredier. 2011. Leraning And Instruction: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mutahelemual, Yulaelawati. 1985. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkn Siswa Jakarta: PT Gramedia.
Purwanto, Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahcman Ustman, Fathor . 2015. Panduan Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press, 2015.
Rakhmawati, Yunita. 2011. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Pembelajaran Bahasa Arab, Semarang: Walisongo Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tri Agustiana, I Gusti Ayu. 2013. Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Ombak.