PROFIL KEMAMPUAN AWAL LITERASI INFORMASI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

  • Rumpoko Azis Mubaroq Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas PGRI Madiun
  • Jeffry Handhika Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas PGRI Madiun

Abstract

Informasi merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan yang dapat diakses tanpa batas. Pemahaman akan informasi dan berbagai aksesnya yang disebut literasi informasi penting untuk dikuasai siswa. Peningkatan kemampuan literasi informasi juga sesuai dengan sistem Kurikulum 2013 yang mengorientasikan student centered learning atau pembelajaran yang berpusat pada siswa. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal literasi informasi siswa SMA pada pembelajaran fisika serta evaluasi yang sudah diterapkan sekolah untuk mengukur literasi informasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket (kuesioner). Data dan informasi yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa di lapangan masih  kurang adanya perhatian terhadap literasi informasi. Selain itu, evaluasi pembelajaran juga belum mengarah pada literasi informasi. Hasil angket menunjukkan bahwa sebenarnya kemampuan literasi informasi siswa sudah berada pada kategori baik. Namun demikian, secara umum menunjukkan perlu adanya  tindak lanjut terkait penilaian, evaluasi, dan pengambilan kebijakan terkait literasi informasi. Salah satu yang dapat dilakukan adalah melalui pengembangan instrumen literasi informasi dalam pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasugian, J. 2008. Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 4(2).

Marseno, R., Kusuma, W. A., & Saleh, A. R. 2014. Identifikasi literasi infomasi dalam rangka pengembangan kurikulum di sekolah dasar. Jurnal Pustakawan Indonesia, 13(2), 8-17.

Nurohman, A. 2014. Signifikansi literasi informasi (information literacy) dalam dunia pendidikan di era global. Jurnal Kependidikan, 2(1).

Pattah, S. H. 2014. Literasi informasi: peningkatan kompetensi informasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(2), 117-128.

Wahyuni, N. C. 2016. Panduan program literasi informasi perpustakaan.
Published
2018-04-05

STATISTICS

Abstract viewed = 138 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 245 times