PROFIL KEMAMPUAN AWAL LITERASI INFORMASI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Informasi merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan yang dapat diakses tanpa batas. Pemahaman akan informasi dan berbagai aksesnya yang disebut literasi informasi penting untuk dikuasai siswa. Peningkatan kemampuan literasi informasi juga sesuai dengan sistem Kurikulum 2013 yang mengorientasikan student centered learning atau pembelajaran yang berpusat pada siswa. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal literasi informasi siswa SMA pada pembelajaran fisika serta evaluasi yang sudah diterapkan sekolah untuk mengukur literasi informasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket (kuesioner). Data dan informasi yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa di lapangan masih kurang adanya perhatian terhadap literasi informasi. Selain itu, evaluasi pembelajaran juga belum mengarah pada literasi informasi. Hasil angket menunjukkan bahwa sebenarnya kemampuan literasi informasi siswa sudah berada pada kategori baik. Namun demikian, secara umum menunjukkan perlu adanya tindak lanjut terkait penilaian, evaluasi, dan pengambilan kebijakan terkait literasi informasi. Salah satu yang dapat dilakukan adalah melalui pengembangan instrumen literasi informasi dalam pembelajaran fisika.
Downloads
References
Marseno, R., Kusuma, W. A., & Saleh, A. R. 2014. Identifikasi literasi infomasi dalam rangka pengembangan kurikulum di sekolah dasar. Jurnal Pustakawan Indonesia, 13(2), 8-17.
Nurohman, A. 2014. Signifikansi literasi informasi (information literacy) dalam dunia pendidikan di era global. Jurnal Kependidikan, 2(1).
Pattah, S. H. 2014. Literasi informasi: peningkatan kompetensi informasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(2), 117-128.
Wahyuni, N. C. 2016. Panduan program literasi informasi perpustakaan.