IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS XI IPA (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Kalasan, Sleman, Provinsi D.I. Yogyakarta)

  • Zendi Dermawan Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta 57126
  • Suciati Suciati Program Studi Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Widha Sunarno Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta 57126

Abstract

Kemampuan berpikir ilmiah merupakan suatu kompetensi yang penting untuk dimiliki pada siswa karena kemampuan ini diperlukan untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan di era abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir ilmiah siswa SMAN 1 Kalasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling pada kelas XI IPA 1 sejumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes berpikir ilmiah yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda yang dikembangkan berdasarkan aspek kemampuan berpikir ilmiah meliputi: inquiry, analisis, inferensi dan argumentasi. Soal yang digunakan dalam penelitian ini telah tervalidasi baik secara internal maupun eksternal. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir ilmiah siswa masih rendah dengan skor rata-rata sebesar 50,28. Hasil pengukuran pada aspek inquiry didapatkan skor rata-rata sebesar 47,72, aspek analisis sebesar 48,80, aspek inferensi sebesar 51,42 dan aspek argumentasi sebesar 60,71. Hasil penelitian ini memberikan informasi awal kemampuan berpikir ilmiah siswa di SMAN 1 Kalasan Kabupaten Yogyakarta masih rendah sehingga diharapkan guru mampu merancang proses kegiatan pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan berpikir ilmiah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhlis, I & Dewi, R. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science Berorientasi Cultural Deviance Solution Berbasis Inkuiri Menggunakan ICT Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. vol. 3 hal. 86-94
Fitriyani & Munzil. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains Volume 1 Nomor 1,
Gamlunglert., Thitima., Chaijaroen., and Sumalee. 2012. Scientific Thinking of the Learners Learning with the Knowledge Construction Model Enhancing Scientific Thinking. Procedia-Social and behavioral Science. 46(2012) 3771-3775.
Jensen & Lawson. 2011. Effects of Collaborative Group Composition and Inquiry Instruction on Reasoning Gains and Achievement in Undergraduate Biology. CBE—Life Sciences Education Vol. 10, 64–73.
Keow Ngang Tang, Sbadrah Nair, and Bouphan Prachak. 2014. Developing Instruments to Measure Thinking Skills and Problem Solving Skills among Malaysian Primary School Pupils. Procedia-Social and Behavioral Sciences , 116, 3760-3764.
Kuhn, D., 2004. What is Scientific Thinking and How Does It Develop. Handbooks of Develodment Psychology. Columbia: Blackwell Publishing.
Khun, D. 2010. What is Scientific Thinking and How Does it Develop? (Second Edition). Columbia: Blackwell Publishing.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdin. 2015. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Dan Self Monitoring Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Dalam Biologi Bagi Siswa Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan, Volume 16, Nomor 2.
Paul, R., and Elder, L. 2003. Miniature Guide for Student and Faculty to Scientific Thinking: The Foundation for a Critical Thinking. Sonoma University.
Rustaman. 2011. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sandalova & Reiser. 2004. Explanation-driven inquiry: Integrating conceptual and epistemic scaffolds for scientific inquiry. Journal Scienc Education. Volume 88, Issue 3
Soetrisno & Hanafie. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Media Group.
Zimmerman, C. 2007. The development of Scientific Thinking Skills in Elementary and Middle School. Developmental Review. Vol 27. Pp 172-223.
Published
2018-04-05

STATISTICS

Abstract viewed = 151 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 191 times