MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DAN SIKAP TERBUKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan media pembelajaran android yang layak untuk pembelajaran fisika di SMA, 2) menguji efektivitas media pembelajaran android dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan Sikap Terbuka siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode R&D dengan model 4D yang meliputi tahap 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran android. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian media pembelajaran, lembar penilaian HOTS, angket sikap terbuka, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah aiken V untuk melihat kualitas produk, dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan produk media pembelajaran android yang: 1) layak digunakan untuk meningkatkan HOTS dan sikap terbuka dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru, serta kategori baik berdasarkan respon siswa, dan 2) efektif untuk meningkatkan HOTS dan sikap terbuka siswa secara signifikan berdasarkan analisis effect size.
Downloads
References
Anwar Muhaimin. 2013. Pengembangan Media Tiga Dimensi Kapasitor (MTDK) dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMK. Tesis Magister. Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Borich. 1994. Observation skill for effective teaching. New York: Mcmillian.
Cabanban dan Christianne, L. G. 2013. Developtment of Mobile Learning Using Android Platform. International Journal of Information Technology & Computer Science (IJITCS), vol. 9, no.1.
Chuang, T. Y, and Chen, W. F. 2007. Effect of Digital Games on Childrens Cognitive Achievement. Journal of Multimedia, vol. 2, no. 5, hal. 27-30.
Cohen, J. 1992. Quantitative Methods In Psycology. Psychological Bulletin, 112, hal. 155 – 159.
http://doi.apa.org/journals/bul/112/1/155/pdf
Derlaga, Valerian, J., & Berg, John H.. 1987. Self Disclosure. Springer US: Springer Science & Business Media.
Edi Istiyono, Djemari M., & Suparno. 2014. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18, hal. 1-12.
Elliot, S.N, et al. 1999. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Singapore: Mcgraw Hill.
Gokhale, A., Brauchle, P., & Machina, K. 2009. Development and Validation of A Scale To Measure Attitudes Toward Science And Technology. Journal Of College Science Teaching.
Handhika, J. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Unnes.
Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Sixthousand Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics Research, 66 (1), 64-74.
Hassard J. & Dias, M. 2009. The Art of Teaching Science. London: Oxford University Press.
Hess, S. 2014. Digital Media and Student Learning: Impact of Electronic Books on Motivation and Archievement. New England Reading Association Journal, vol. 49, no. 2, 2, hal. 35.
Kathryn G., Valerian J.D. & Alicia M. 2010. Self Disclosure in Personal Relationship. Cambridge: The Cambridge Handbook.
Mednieks, Z., Dornin, L., dan Meike, G. B. 2011. Programming Android. United States of America: O’Reilly Media, Inc.
Nugroho, P. A. 2016. Smartphone Sebagai Terobosan Baru Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Fisika di Sekolah. Makalah Diseminarkan pada Seminar Nasional Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, Universitas Ahmad Dahlan, hal. 109-112
Nugroho P. A. 2017. Physics Comprehensive and Contextual Teaching Material (PhysCCTM) untuk Meningkatkan Hogher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa SMA. Makalah Diseminarkan pada Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, Universitas Sebelas Maret, hal 167-173.
Nurfajrianti, A. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum Dengan Menerapkan Peer Assesment pada Konsep Hama dan Penyakit Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Tesis Magister, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Dapat diakses melalui http://repository.upi.edu/tesislist.php.
Ramos, J. L. S., et al. 2013. Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics Of Collage: A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdiciplinary Research, 4, hal: 48-60.
Rohmawati, E. D. 2012. Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol.X, no.2, hal 157-171.
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. 2012. Learning 21st-Century Skills Requires 21st-Century Teaching. Phi Delta Kappa, 94(2), hal 8-13.
Schraw, Gregory et al. 2011. Assessment Of Higer Order Thinking Skills. America: Information Age Publishing.
Setyawan, A. 2015. Pengembangan Android Mobile Learning Menggunakan App Inventor Sebagai Media Pembelajaran Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Stevens, J. P. 2009. Applied multivariate statistics for the social sciences. New York: Taylor & Francis Group.
Suki, N. M, and Suki N. M, Mobile Phone Usage for Campus-Wide Information Systems M-Learning: Comparing Heavy and Light Mobile Phone Users, vol. 24, no. 5, pp. 355-365.
Sulaiman, T. et al. 2015. Curriculum Change in English Language Curriculum Advocates Higher Order Thinking Skills and Standards-based Assesment in Malaysia Primary School. Mediterranian Journal of Social Science, 6, hal. 494 – 500.
Susan S. & Susan, S.H. (2004). Self–Disclosure in Intimaterelationships: Associations With Individual and Relationship Characteristics Over Time. Journal of Social and Clinical Psychology, 23 (6), 857 – 877.
Syafa’ah, H.K., & Handayani L. 2015. Pengembangan Metacognitive Self–Assessment Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Evaluasi Dalam Membaca Teks Sains Berbahasa Inggris. Unnes Physics Education Journal, 4 (1), hal. 43 – 48.
Wiliams, B. R. 2015. Higher Order Thinking Skills :Challenging All Students to Achieve. Skyhorse Publishing.
Widoyoko, E. P. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yektyastuti, R, Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA, M.Pd, Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2015.