INTEGRASI SAINS ISLAMI BIDANG PENDIDIKAN MEMBENTUK KARAKTER POSITIF DI ERA DIGITAL
Abstract
Artikel difokuskan untuk merumuskan ilmu pengetahuan islami dan strategi membentuk karakter peserta didik pada era digital. Penelitian ini dilakukan melalui studi literatur dan menganalisis hasil-hasil penelitian penulis.Artikel ini ditujukan kepada dosen, guru, pemerhati pendidikan, dan calon guru.Sains islami adalah hasil interaksi filsafat islami dan sains yang bersumber dari ayat-ayat Kauniyyah dan ayat-ayat Qur'aniyyah yang dicirikan teologi Islam. Sains islami dapat dihasilkan dan atau ditemukan oleh ilmuwan yang belatar belakang muslim dan non muslim, yang berlandaskan kandungan Al Quran dan Al Hadits.
Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) melahirkan Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang menerapkan sistem full time school merupakan salah satu alternatif solusi dari keresahan masyarakat tentang lembaga yang islami.Pendidikan karakter efektif diintegrasikan melalui berbagai mata pelajaran yang diajarkan di kelas dan melalui kegiatan ko-ekstrakurikuler di sekolah.Nilai-nilai karakter yang dapat diinternalisasikan ke dalam diri peserta didik yakni nilai-nilai dari dunia simbolik, empirik, estetik, etik, sinnoetik, dan sinoptik. Tujuan akhir yang dicapai dari proses internalisasi adalah pembentukan kepribadian peserta didik yang utuh. Maknanya kepribadian itu dibentuk dari aspek intelektual, emosional, dan spiritual, maka dijamin akan melahirkan karakter terpuji. Penyelenggaraan LPIT dengan kurikulum terpadu untuk membentuk kepribadian yang sempurna (kamil) menjadi solusi dalam mengatasi masalah pendidikan di era digital.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Akbar, S., Samawi, A., Arafik, M. & Hidayah, L. 2015. Pendidikan Karakter Best Practices. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Anshari, H.E.S. & Rais, A. 1988. Pak Natsir 80 Tahun, Buku Kedua Penghargaan dan Penghormatan Generasi Muda. Jakarta: Media Da'wah
Asy'arie, M. 2017. Filsafat Islam Sunnah Nabi dalam Berpikir. Yogyakarta: LESFI
Agtasiaputri, C., Sarwi, S. & Sugiyanto. 2015. Penerapan Guided Inquiry sebagai Upaya Penguatan Pemahaman Konsep dan Pengembangkan Nilai Karakter Konservasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional pada tanggal 28 Nopember 2015, FMIPA Universitas Negeri Semarang
Basyari, A. & Hidayatullah. 2017. Membangun Sekolah Islam Unggulan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Buchori, M. 2007. Evolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: INSIST Press.
Demirel, M., Ozmat D., & Elgun, I.O. 2016. Primary school teachers' perceptions about character education. Educational research and Reviews, 11(17), 1622-1633
Gloshani, Mahdi. 2004. Issues in Islam and Science, (Tehran: Institute for Humanities and Cultural Studies, 2004). Edisi Terjemahan: Melacak Jejak Tuhan dalam Sains, (Bandung: Mizan Pustaka dan CRCS, 2004).
Handoyo, E. & Tijan. 2010. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang: Widya Karya.
Khan, Y. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing
Lapsley, D. & Woodbury, R. 2016. Moral-Character Development for Teacher Education. Action in Teacher Education, 38(3), 194-206
Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our School can Teach Respect and Responsivility. New York: Bantarn Books
Murtiningsih, W. 2008. Biografi Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Penerbit Madani
Muslih, M. (November, 2016). Al Quran dan Lahirnya Sains Teistik. Jurnal Peradaban Islam "Tsaqafah", 12(2), 257-280
Muslih, M. (Oktober, 2010). Pengaruh Budaya dan Agama terhadap Sains, Sebuah Survey Kritis. Jurnal Peradaban Islam "Tsaqafah", 6(2), 225-247
Sarwi, S. 2012. Application of the Experimental Open Inquiry model to Improve the Understanding on Waves Concept and to develop students' Character. Proceeding International Seminar, Postgraduate Program Universitas Negeri Semarang, June 16, 2012.
Saefuddin, A.M. 1990. Desekularisasi Pemikiran: Landasan Islamisasi. Bandung: Penerbit Mizan
Sarwi, S., Kasmui, & Subali, B. 2011. Pengembangan multi media pembelajaran berbasis Program Excel dan Power Point bagi Guru-guru Pondok Pesantren Baitussalam Mijen, Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, LP2M Universitas Negeri Semarang
Sarwi, S., Sutardi, & Prayitno, W.W. 2015. Utilization of the guided inquiry learning model to develop students conservation character.Proceeding of 2nd international conference on mathematics, science, and education 2015. Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Sarwi, S., Sutardi, & Prayitno, W.W. 2016. Implementation of guided inquiry physics instruction to increase an understanding concept and to develop the students' character conservation. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1): 1-7
Tasmara, T. 2004. Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta: Gema Insani
Anshari, H.E.S. & Rais, A. 1988. Pak Natsir 80 Tahun, Buku Kedua Penghargaan dan Penghormatan Generasi Muda. Jakarta: Media Da'wah
Asy'arie, M. 2017. Filsafat Islam Sunnah Nabi dalam Berpikir. Yogyakarta: LESFI
Agtasiaputri, C., Sarwi, S. & Sugiyanto. 2015. Penerapan Guided Inquiry sebagai Upaya Penguatan Pemahaman Konsep dan Pengembangkan Nilai Karakter Konservasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional pada tanggal 28 Nopember 2015, FMIPA Universitas Negeri Semarang
Basyari, A. & Hidayatullah. 2017. Membangun Sekolah Islam Unggulan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Buchori, M. 2007. Evolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: INSIST Press.
Demirel, M., Ozmat D., & Elgun, I.O. 2016. Primary school teachers' perceptions about character education. Educational research and Reviews, 11(17), 1622-1633
Gloshani, Mahdi. 2004. Issues in Islam and Science, (Tehran: Institute for Humanities and Cultural Studies, 2004). Edisi Terjemahan: Melacak Jejak Tuhan dalam Sains, (Bandung: Mizan Pustaka dan CRCS, 2004).
Handoyo, E. & Tijan. 2010. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang: Widya Karya.
Khan, Y. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing
Lapsley, D. & Woodbury, R. 2016. Moral-Character Development for Teacher Education. Action in Teacher Education, 38(3), 194-206
Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our School can Teach Respect and Responsivility. New York: Bantarn Books
Murtiningsih, W. 2008. Biografi Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Penerbit Madani
Muslih, M. (November, 2016). Al Quran dan Lahirnya Sains Teistik. Jurnal Peradaban Islam "Tsaqafah", 12(2), 257-280
Muslih, M. (Oktober, 2010). Pengaruh Budaya dan Agama terhadap Sains, Sebuah Survey Kritis. Jurnal Peradaban Islam "Tsaqafah", 6(2), 225-247
Sarwi, S. 2012. Application of the Experimental Open Inquiry model to Improve the Understanding on Waves Concept and to develop students' Character. Proceeding International Seminar, Postgraduate Program Universitas Negeri Semarang, June 16, 2012.
Saefuddin, A.M. 1990. Desekularisasi Pemikiran: Landasan Islamisasi. Bandung: Penerbit Mizan
Sarwi, S., Kasmui, & Subali, B. 2011. Pengembangan multi media pembelajaran berbasis Program Excel dan Power Point bagi Guru-guru Pondok Pesantren Baitussalam Mijen, Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, LP2M Universitas Negeri Semarang
Sarwi, S., Sutardi, & Prayitno, W.W. 2015. Utilization of the guided inquiry learning model to develop students conservation character.Proceeding of 2nd international conference on mathematics, science, and education 2015. Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Sarwi, S., Sutardi, & Prayitno, W.W. 2016. Implementation of guided inquiry physics instruction to increase an understanding concept and to develop the students' character conservation. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1): 1-7
Tasmara, T. 2004. Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta: Gema Insani
Published
2018-04-05
Section
Volume 1 Tahun 2018