Pola Komunikasi Kitab Tafsir Juz ‘Amma For Kids Karya Abdul Mustaqim

  • Abdul Chalim Universitas Sains al-Qur'an

Abstract

Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam akan sulit dipahami maknanya tanpa adanya penafsiran. Pada dasarnya ada dua hal yang perlu diperhatikan terkait penyampaian pesan Al-Qur’an melalui tafsir, pertama adalah terkait cara memahami maknanya sehingga pesan-pesan Al-Qur’an dapat dipahami, kedua adalah mengenai cara mengomunikasikan pesan tersebut, sehingga makna Al-Qur’an tersebut dapat sampai kepada umat Islam. penelitian mengenai pola komunikasi dalam kitab tafsir Tafsir Juz ‘Amma For Kids Karya Abdul Mustaqim ini perlu dilakukan dalam rangka mengetahui bagaimana cara mufasir mengomunikasikan kandungan ayat Al-Qur’an kepada anak-anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif dan content analysis. Dan memuat kesimpulan bahwa pola komunikasi dalam kitab tafsir Tafsir Juz ‘Amma For Kids Karya Abdul Mustaqim merupakan pola komunikasi sekunder dan linier sebab adanya penggunaan media dan tidak danya feedback dari komunikan. Dan pesan utama dalam kitab tafsir ini memuat pesan pesan sosial keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana, 2011.
Abdurrohman, Asep. “Eksistensi Islam Moderat Dalam Perspektif Islam.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 14, no. 1 (2018): 29–41.
Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Drajat, Amroeni. Ulumul Qur’an; Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qurán. Pertama. ttp: Kencana, 2017.
F. Ibda. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.” Intelektualita 3, no. 1 (2015): 33–34.
Khaironi, Mulianah. “Pendidikan Karakter.” Golden Age Universitas Hamzanwadi, no. 2 (2017): 82–89.
Lasswell, Harold D. The Structure and Fuction of Communication in Society, Ed. Wilbur Schramm. Urbana-Chicago: University of Illinois, 1972.
Mustaqim, Abdul. “Inovasi Dan Visualisasi Pesan Tuhan Dalam Tafsir Juz ‘Amma For Kids.” Artikula.Id, 2015. Https://www.google.com/amp/artikula.Id/abdul/Inovasi-Dan-Visualisasi-Pesan-Tuhan-Dalam-Tafsir-Juz-‘Amma-For-Kids.
Pamadhi, Hajar. Pendidikan Seni (Hakikat, Kurikulum Pendidikan Seni Dan Pengajaran Seni Untuk Anak). Yogyakarta: Uny Press, 2021.
Pink, Johanna. Muslim Qur’anic Interpretation Today. South Yorkshire: Equinox Publishing, 2019.
Qattan, Manna Khalil al-. Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Bogor: Pustaka Lentera Antar Nusa, 2013.
Saputra, Bayu. “Pola Komunikasi.” Produksi Program Acara; Talkshow Sakinah 2 (2013): 12–54 (n.d.).
Soegiarto, Eddy. Metodologi Penelitian Dan Penulisan Ilmiah. Tangerang: tp, 2018.
Sukandarrumidi. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjahmada University Press, 2012.
Uchjiyana Effendy, Onong. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.
Zahro, Nafisatuz. “Tafsir Visual, Kajian Resepsi Atas Tafsir Dan Ilustrasi Dalam Tafsir Juz ‘Amma For Kids.” No. 16 (2015), Januari 20, 123–41.
Published
2023-03-05
How to Cite
ChalimA. (2023, March 5). Pola Komunikasi Kitab Tafsir Juz ‘Amma For Kids Karya Abdul Mustaqim. Qaf: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(1), 62 - 77. https://doi.org/https://doi.org/10.59579/qaf.v5i1.4376

STATISTICS

Abstract viewed = 271 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 190 times