Implementasi Living Qur’an Metode “Sholati Ila Mamati” dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Al- Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfiz Al‘Azzam Semarang

  • Eli Bahriyah Universitas Sains al-Qur'an

Abstract

Artikel ini membahas tentang amalan Al-Qur’an yang dilahirkan dari praktik-praktik komunal yang menunjukkan resepsi sosial komunitas tertentu terhadap Al-Qur’an. Dalam hal ini yaitu PPTQ Al ‘Azzam Semarang. Seluruh santri yang mengikuti program tahfiz diwajibkan untuk melakukan kegiatan pembacaan Al-Qur’an dalam sholat yaitu pada suratan sholat-sholat sunah, ada 2 pertanyaan penting pertama bagaimana praktik metode Sholati Ila Mamati di PPTQ Al ‘Azzam kedua mengapa praktik tersebut dilakukan. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melakukan observasi partisipan, dan non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik metode Sholati Ila Mamati dilakukan rutin ketika shalat-shalat sunat, yaitu pada shalat rowatib, shalat dhuha, shalat tahajud, dan dalam pelaksanaanya para santri dianjurkan membaca satu halaman pada setiap raka’atnya, sehingga mereka dapat menghatamkan Al-Qur’an pada sekian harinya. Adapun faktor pendukung dan penghambat, dapat disimpulkan bahwa faktor pendukungnya yaitu pertolongan Allah SWT dan iman yang kuat, Hadir di masjid tepat waktu, adanya dukungan dari orang terdekat, adanya kontrol dan rasa tanggung jawab sebagai seorang penghafal Al-Qur’an, meluangkan waktu khusus, menjaga kesehatan, dan rasa syukur. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak mengerjakan sholat sunah, beranggapan bahwa murajaah hafalan didalam sholat bukan suatu keharusan, baranggapan bahwa murajaah diluar sholat lebih mutqin, sakit, Lelah, mengantuk, malas, safar atau dalam perjalanan, sibuk, maksiat dan dosa, futur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsin Sakho, Muhammad. Menghafalkan Al-Qur’an. Jakarta Selatan: PT Qaf Media Kreativa, 2017.
Azizah, Rochmah Nur. “Tradisi Pembacaan Surat Al-Fatihah Dan al-Baqarah (Kajian Living Qur’an Di PPTQ’Aisyiyah Ponorogo).,” 2016.
Istianah, Nana. “Pemaknaan Tradisi Pembacaan Al-Qur’an Di PT Karya Toha Putra Semarang (Studi Living Qur’an),” 2020.
Miswardi, Dicky. Metode Sholati Ila Mamati. Semarang: Taujih Sukoharjo, 2018.
Rizal, M Khoirul. “Tradisi Pembacaan Surat Al-Waqi’ah Di Kalangan Santri (Studi Living Qur’an Di Pondok Pesantren Al Falah Ploso Mojo Kediri),” 2021.
Syamsuddin, Sahiron. Metodologi Penelitian Living Qur’an Dan Hadits. Yogyakarta: TH- Press, 2017.
Published
2023-02-28
How to Cite
BahriyahE. (2023, February 28). Implementasi Living Qur’an Metode “Sholati Ila Mamati” dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Al- Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfiz Al‘Azzam Semarang. Qaf: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 249 - 258. https://doi.org/https://doi.org/10.59579/qaf.v4i2.4308

STATISTICS

Abstract viewed = 265 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 185 times