Konsep Keadilan dalam Al-Qur’an Studi Komparasi Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Marah Labid terhadap Ayat-Ayat Adil

  • Vivit Nur Kholifah universitas sains al-Qur'an

Abstract

Keadilan merupakan nilai-nilai kemanusiaan yang asasi yang dibawa oleh Islam dan dijadikan sebagai pilar kehidupan pribadi, rumah tangga dan masyarakat. Sehingga al-Qur’an menjadikan keadilan diantara manusia itu sebagai hadaf (tujuan) risalah langit. Keadilan merupakan salah satu akhlak mulia (akhlaq al-karimah) dalam al-Qur’an. Hal ini ditandai dengan banyaknya ayat-ayat al-Qur’an yang memerintahkan untuk berlaku adil. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan berikut ini. Pertama, Bagaimana Konsep Keadilan dalam Islam ? Kedua, Bagaimana Konsep Keadilan dalam Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab ? Ketiga, Bagaimana  Relevansi Konsep Keadilan Menurut Muhammad Quraish Shihab dalam Konteks KeIndonesiaan ? Fokus pembahasan dari penelitian skripsi ini adalah terkait dengan bagaimana konsep keadilan dalam Tafsir Al-Misbah karya Muhammad Quraish Shihab dan relevansinya dalam konteks keIndonesiaan menurut Muhammad Quraish Shihab. Penulisan artikel ini menggunakan studi komparasi. Dan penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa menurut Muhammad Quraish Shihab dan Syeikh Nawawi keadilan harus diterapkan dalam semua bidang kehidupan, tidak hanya dalam pemerintahan dan kenegaraan saja.  Tetapi  konsep keadilan dalam kehidupan harus diterapkan dalam beberapa bidang, yaitu dalam bidang sosial, bidang ekonomi serta dalam menegakkan hukum dan pemerintahan. Quraish Shihab dan Syeikh Nawawi dalam menafsirkan ayat-ayat keadilan tidak ada perbedaan diantara keduanya. Adapun relevansi konsep keadilan menurut Muhammad Quraish Shihab dalam konteks keIndonesiaan kita dapat melihat kenyataan yang sangat berbeda dari apa yang terkandung dalam al-Qur’an. Masih banyak masyarakat yang tidak berlaku adil sesuai dengan yang telah dijelaskan oleh Muhammad Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Yatimin. Pengantar Studi Etika. Jakarta: Raja Grafindo, 2006.
Al-Khatib, Muhammad ‘Ajaj. Ushul Al-Hadis. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2007.
Al-Zamakhsyari. Al-Kasysyaf ‘an Haqaiq Gawamid al-Tanzil Wa ‘Uyun al-Aqawil Fi Wujuh al-Ta’Wil. Vol. 3. Riyadh: Maktabatul ‘Abikan, 1998.
Amir, Mafri. Literatur Tafsir Indonesia. Banten: Madzhab Ciputat, 2013.
Azyumardi Azra, Komaruddin Hidayat. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jakarta: Kencana, 2008.
“Biografi M. Quraish Shihab,” n.d. http://ichwanzt.blogspot.com/2008/06/biografi-quraish-shihab.html.
Burhanuddin, Mamat S. Hermeneutika Al-Qur’an Ala Pesantren. Yogyakarta: UII Press, 2006.
Center Of Exellence Program For Qor’anic Studies Development, Tafsir Tematik: Al-Qur’an Dan Politik (Prinsip-Prinsip Pemerintahan Dan Jihad Dalam Islam). Wonosobo: Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, 2014.
Dahlan, Abdul Azis. Ensiklopedi Hukum Islam. Vol. 1. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2000.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Fatoni, Siti Nur. Pengantar Ilmu Ekonomi. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Federspiel, Howard M. Kajian Al-Qur’an Di Indonesia: Dari Mahmud Yunus Hingga M. Quraish Shihab. Bandung: Mizan, 1996.
G. Velasquez, Manuel. Etika Bisnis: Konsep Dan Kasus. Yogyakarta: ANDI, 2005.
Ghofur, Saiful Amin. Profil Para Mufassir Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Bandung: Teraju, 2003.
Kementerian Agama. Tafsir Al-Qur’an Tematik: Hukum, Keadilan Dan Hak Asasi Manusia. Jakarta: Aku Bisa, 2010.
Madjid, Nurcholis. Islam Dan Doktrin Dan Peradaban. Jakarta: Paramadina, 2000.
Masnida. “Karakteristik Dan Manhaj Tafsir Marah Labid Karya Syeikh Nawawi Al-Bantani.” Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam IAIDA Blokagung 8 (September 2016).
Muhammad ‘Araidhah, Kaamil Muhammad. Ibn Maskawaih Madzahib Akhlaqiyah. Bairut: Darul Kutub Al-‘Ilmiyah, ttt.
Muttaqin, Ahmad. “Karakteristik Tafsir Marah Labid Karya Syeikh Nawawi Al-Bantani.” Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadits 8 (June 2014).
Raharjo, M. Dawam. Ensiklopedi Al-Qur’an:Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina, 1996.
Ramli, Rafiuddin. Sejarah Hidup Dan Silsilah Syeikh Nawawi. Banten: Yayasan Nawawi, 1989.
Rudy Hariyono, Firdaus al Hisyam. Kamus Lengkap 3 Bahasa: Arab Indonesia Inggris. Surabaya: Gitamedia Press, 2006.
Shihab, M. Quraish. Al-Lubab: Makna, Tujuan, Dan Pelajaran Dari Surah-Surah Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2012.
———. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2013.
———. Menabur Pesan Ilahi: Al-Qur’an Dan Dinamika Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Lentera Hati, 2006.
———. Mukjizat Al-Qur’an: Ditinjau Dari Aspek Kebahasaan, Isyarat, Ilmiah Dan Pemberitaan Gaib. Bandung: Mizan, 2002.
———. Secercah Cahaya Ilahi, Hidup bersama Al-Qur’an. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2013.
———. Tafsir Al-Misbah. Tangerang: PT. Lentera Hati, 2017.
———. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik Atas Berbagai Persoalan Umat. Jakarta: PT. Mizan Pustaka, 2007.
Sidharta, Bernard Arif. Ilmu Hukum Indonesia. Yogyakarta: Genta Publishing, 2013.
Steenbrink, Karel A. Beberapa Aspek Tentang Islam Di Indonesia Abad Ke-19. Jakarta: Bulan Bintang, 1984.
Vaezi, Ahmad. Agama Politik: Nalar Politik Islam. Jakarta: Citra, 2006.
Yenny Salim, Peter Salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press, 2002.
Published
2023-02-28
How to Cite
KholifahV. (2023, February 28). Konsep Keadilan dalam Al-Qur’an Studi Komparasi Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Marah Labid terhadap Ayat-Ayat Adil. Qaf: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 127 - 159. https://doi.org/https://doi.org/10.59579/qaf.v4i2.4181

STATISTICS

Abstract viewed = 642 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 676 times