Strategi Penerapan Layanan Digital untuk Meningkatkan Daya Saing Agrowisata Pakuwon
Abstract
Agrowisata Pakuwon yang terletak di Desa Pajambon, Kabupaten Kuningan memiliki potensi besar dengan kearifan lokalnya berupa papalidan, tanaman jambu, lokasi di lereng pegunungan, dan kebun bunga. Namun, agrowisata ini menghadapi tantangan dalam pemasaran digital, khususnya terkait rendahnya kesadaran merek dan keterlibatan audiens di media sosial. Oleh karena itu, pengoptimalan penggunaan platform media sosial seperti TikTok dan Instagram dengan perencanaan konten yang terstruktur dan konsisten, serta pembaruan identitas merek melalui desain logo yang lebih representative menjadi hal penting untuk menjadi suatu Langkah penerapan layanan digital yang terukur. Program pendampingan untuk mengembangkan layanan digital Agrowisata Pakuwon ini dilaksanakan pada Desember 2024 hingga Maret 2025, melibatkan mahasiswa dalam pelatihan dan pendampingan digital. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan pelatihan berbasis media sosial. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengenalan merek, pertumbuhan jumlah pengikut, dan interaksi pengunjung setelah penerapan strategi pemasaran digital yang terstruktur. Kegiatan ini juga menunjukkan bahwa penerapan layanan digital yang terintegrasi dapat meningkatkan visibilitas, daya saing, dan daya tarik Agrowisata Pakuwon, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan konten kreatif dan evaluasi berkala terhadap strategi yang diterapkan.
Downloads
References
Amin, M. & Rahman, A. (2021). Digital Marketing Strategies in Tourism: A Review. Journal of Tourism and Hospitality Management, 9(3), 45-60.
Budi, S. (2022). The Role of Social Media in Promoting Local Tourism. Indonesian Journal of Tourism Studies, 4(2), 30-40.
Dewi, S. R. & Hadi, S. (2023). Engagement Strategies on Instagram for Tourism Marketing. Jurnal Manajemen Pariwisata, 10(1), 15-25.
Fadillah, S.N. & Setyorini, R. (2021). Analisis implementasi strategi content marketing dalam menciptakan customer engagement di media sosial Instagram Wakaf Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Manajemen Indonesia, 15(2), 100-116. Available at: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2028
Faisal, A. & Ekawanto, I. (2022). The role of social media marketing in increasing brand awareness, brand image, and purchase intention. Indonesian Management and Accounting Research, 20(2), 185-208. Available at: https://doi.org/10.25105/imar.v20i2.12554
Hendri, M. (2021). Branding in Eco-Tourism: Case Study of Indonesian Destinations. Tourism Management Journal, 7(4), 50-65.
Indrawati, L. & Setiawan, J. (2022). Content Marketing in Tourism: Strategies for Success. Journal of Marketing Research, 12(2), 80-90.
Jayanegara, I. & Setiawan, I. (2020). Analisis bentuk pada identitas visual STMIK STIKOM Indonesia. Bahasa Rupa, 3(2), 76–82. Available at: https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v3i2.459
Kusworo, K., Suardi, S., Suradinata, E. & Hanafiah, A. (2019). Bureaucratic Reform Analysis through Performance of Hospital Employees. International Journal of Science and Society. Available at: https://doi.org/10.200609/IJSOC.V1I3.40
Nugroho, R. & Prasetyo, B. (2022). Visual Branding in Tourism: The Case of Rural Destinations', Rural Tourism Journal, 5(3), 55-70.
Rahmawati, E. & Aji, S. (2015). Pengaruh customer engagement terhadap kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek serta dampaknya pada loyalitas merek. Journal of Research in Economic and Management. Available at: https://doi.org/10.17970/jrem.15.150204.id
Rinaldi, M., Pertiwi, A., Nyoman, G. & Satyadharma, W. (2023). Perancangan brand identity Bandung Communication and Community (Bdgcom_Unity). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(4). Available at: https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.749
Rohadian, S. & Amir, M.T. (2019). Upaya membangun customer engagement melalui media sosial Instagram', Journal of Entrepreneurship, Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry, 2(4), 179-186. Available at: https://doi.org/10.36782/jemi.v2i4.1925
Santos, S. (2023). Tourists’ engagement on tourism organizations' Facebook pages: The role of user-generated content. International Conference on Tourism Research, 6(1). Available at: https://doi.org/10.34190/ictr.6.1.1164
Sari, A.F., Widianto, A., Mukmin, M., Khairunnisa, K., Sahril, S., Fajri, N.I., Elsifiera, E. & Ramayanti, D. (2022). Pengembangan agrowisata dalam meningkatkan sosial ekonomi masyarakat Desa Toapaya, Kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 1–12. Available at: https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.382
Sitanggang, A., Nazhif, D., Ar-Razi, M. & Buaton, M. (2024). Efektivitas strategi digital marketing di media sosial: Studi kasus Facebook, Instagram, dan TikTok generasi Z. MASMAN: Master Manajemen, 2(3), 233-241. Available at: https://doi.org/10.59603/masman.v2i3.489
Suhartawan, I.G. (2022). Analisis strategi pengembangan produk agrowisata. Jurnal Pariwisata PARAMA: Panorama, Recreation, Accommodation, Merchandise, Accessibility, 3(1), 42–47. Available at: https://doi.org/10.36417/jpp.v3i1.364
Trasnco Indonesia. (2024). Pentingnya identitas merek di era bisnis modern'. Available at: https://www.trasnco.com/pentingnya-identitas-merek-di-era-bisnis-modern.phtml
Wati, R. & Anwar, M. (2023). Innovative Strategies for Increasing Tourist Engagement. Tourism Innovation Journal, 6(1), 10-20.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.