Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Pemilihan Siswa Berprestasi di SMAN Kebakkramat

  • Dimas Aryo Anggoro Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wiwit Supriyanti Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords:
Analytical Hierarchy Process, Lazarus, MySQL, Sistem Pendukung Keputusan, Siswa Berprestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun program aplikasi sistem pendukung keputusan untuk memilih siswa yang berprestasi di SMAN Kebakkramat menggunakan IDE Lazarus dengan database MySQL. Beberapa kriteria yang digunakan sebagai dasar penyeleksian siswa yang berprestasi diantaranya: nilai akademik, nilai sikap, nilai ketrampilan, serta nilai aktivitas masing-masing siswa. Dalam pengambilan keputusan untuk kasus di atas, metode penyelesaian masalah untuk banyak kriteria yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini menghasilkan sebuah matriks hasil yang menentukan prioritas dari tiap kriteria penilaian yang diimplementasikan pada aplikasi sistem pendukung keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria nilai akademik memiliki bobot yang tertinggi, yaitu 40%. Kemudian, kriteria nilai sikap dan nilai ketrampilan masing-masing memiliki bobot 35% dan 15%. Nilai aktivitas adalah kriteria dengan bobot terendah, yaitu 10% dari total bobot. Hasil dari penelitian dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam memilih siswa yang berprestasi di SMAN Kebakkramat secara cepat, akurat, dan tidak terdapat subjektivitas dari pihak yang berwenang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesoji, F.A., Omilani, N.A. and Nyinebi, O.M., 2015. The effect of homogenous and heterogeneous gender pair cooperative learning strategies on students’ achievement in chemistry. British Journal of Education, Society & Behavioural Science, 11(3), pp.1-12.

Arini, E.G., 2012. Pembinaan siswa berbakat dan berprestasi di SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal VARIDIKA, 24(2).

Bassil, Y., 2012. A comparative study on the performance of the Top DBMS systems. arXiv preprint arXiv:1205.2889.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A. and Wardoyo, R., 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, pp.78-79.

Nugroho, B., 2004. PHP dan MySQL dengan editor Dreamweaver MX. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R.S., 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Rahmanita, E., Prastiti, N. and Jazari, I., 2018. Penggunaan Metode AHP dan FAHP dalam Pengukuran Kualitas Keamanan Website E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), pp.371-380.

Rasid, Z., Tewal, B. and Kojo, C., 2018. Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Karyawan Perum Damri Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(2).

Saat, S., 2015. Faktor-faktor Determinan dalam Pendidikan (Studi tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Al-Ta'dib, 8(2), pp.1-17.

Saaty, T.L., 1996. Multicriteria decision making: The analytic hierarchy process. RWS Publ..

Schulz, B., 2008. The importance of soft skills: Education beyond academic knowledge.

Sianturi, F.A., Sinaga, B. and Hasugian, P.M., 2018. Fuzzy Multiple Attribute Decision Macking Dengan Metode Oreste Untuk Menentukan Lokasi Promosi. Journal of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).

Sulistiyani, E., Amir, M.I.H., Yusuf, K.R. and Nasrullah, D.I., 2017. Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Sebagai Solusi Alternatif Dalam Pemilihan Supplier Bahan Baku Apel Di PT. Mannasatria Kusumajaya. Technology Science and Engineering Journal, 1(2).

Supriyanti, W., 2013. Rancang bangun aplikasi sistem pendukung keputusan penerima beasiswa dengan metode SAW. Creative Information Technology Journal, 1(1), pp.67-75.
Published
2019-09-30
How to Cite
AnggoroD. and SupriyantiW. (2019) “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Pemilihan Siswa Berprestasi di SMAN Kebakkramat”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), pp. 163-171. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i3.777.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 937 times
PDF downloaded = 817 times