Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Desa Melawan Hoaks: Pendidikan Dan Pelatihan Literasi Digital Untuk Masyarakat Semende, Desa Pajar Bulan, Kabupaten Muara Enim
pengabdian kepada masyarakat, pelatihan literasi digital, pelatihan kesadaran bermedia
Abstract
Kegiatan “Membangun Keberdayaan Melawan Hoaks: Pendidikan Dan Pelatihan Untuk Masyarakat Semende, Desa Pajar Bulan, Kabupaten Muara Enim” merupakan inisiatif pengabdian kepada masyarakat dengan skema perkuliahan desa. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan literasi dan kesadaran bermedia di kalangan masyarakat Semende khususnya Desa Pajar Bulan, Kabupaten Muara Enim. Melalui pendidikan dan pelatihan, masyarakat ini dibekali dengan kemampuan untuk melawan penyebaran hoaks dan menghadapi informasi palsu secara bijak. Kegiatan ini diadakan di Kantor Sekretariat Desa Pajar Bulan dari tanggal 6 Oktober 2023 hingga 9 Oktober 2023 dan diikuti oleh 26 peserta. Fokus pelatihan meliputi pengembangan pemahaman yang lebih baik dan mendalam dalam mengidentifikasi, mengkritisi, dan memverifikasi informasi. Hasil pelatihan terbukti signifikan, dengan peningkatan pemahaman yang ditunjukkan melalui nilai pre-test dan post-test yang berkisar antara 5,33 – 8,24, hasil tes-T mengindikasikan perbedaan substansial sebelum dan sesudah pelatihan. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memilah dan memverifikasi informasi.
Downloads
References
Bahri, A.S. (2021) ‘Memproteksi Peserta Didik dari Bahaya Hoaks dengan Literasi Kritis’, Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), pp. 1–6. Available at: https://journal.actual-insight.com/index.php/lentera/article/view/435 (Accessed: 20 November 2023).
Bahri, S. (2021) ‘Literasi Digital Menangkal Hoaks Covid-19 Di Media Sosial’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), pp. 16–28. Available at: https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/7452 (Accessed: 20 November 2023).
Bakri, S., Zulhazmi, A.Z. and Laksono, K. (2019) ‘Menanggulangi Hoaks Dan Ujaran Kebencian Bermuatan Isu Suku, Agama, Ras, Dan Antargolongan Di Tahun Politik’, al-Balagh : Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(2), pp. 199–234. Available at: https://doi.org/10.22515/balagh.v4i2.1833.
Efrianto. A, E.A. (2019) ‘STRUKTUR MASYARAKAT SEMENDE DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN’, JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA, 3(1), pp. 617–635. Available at: https://doi.org/10.36424/JPSB.V3I1.113
.
Frengkiy, M. (2020) ‘Perbandingan Kepemimpinan Modern dan Kepemimpinan Adat Semende Desa Cahaya Alam Muara Enim’, Ampera: A Research Journal on Politics and Islamic Civilization, 1(3), pp. 199–207. Available at: https://doi.org/10.19109/ampera.v1i3.7430.
Irham Akbar, M. and Rezza Fahlevvi, M. (2023) ‘Cegah Penyebaran Misinformasi di Media Sosial Menggunakan Peralatan dan Fitur Literasi Digital’, RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(1), pp. 15–20. Available at: https://doi.org/10.61124/1.renata.2.
Nurrahmi, F. and Syam, H.M. (2020) ‘Perilaku Informasi Mahasiswa dan Hoaks di Media Sosial’, Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 4(2), pp. 129–146. Available at: https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9215.
Septiana, O. (2019) ‘Nilai Budaya Pertunjukan Musik Terbangan pada Masyarakat Semende’, Journal of Arts Education, 5(2), pp. 142–149. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/13157 (Accessed: 20 November 2023).
Setiawan, H. and Darmawan, C. (2016) ‘Upaya Pelestarian Adat Semende di Desa Ulu Danau, Provinsi Sumatera Selatan’, Journal of Urban Society’s Arts, 3(2), pp. 57–63. Available at: https://doi.org/10.24821/JOUSA.V3I2.1480.
Syaefudin, M. (2022) ‘Pelatihan literasi digital untuk akademisi’, Dimasejati, 4(2), pp. 245–257. Available at: https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/dimasejati/article/view/12055 (Accessed: 20 November 2023).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.