Pengembangan Gambar Perspektif Melalui Pendekatan Gambar Teknik di SMAN XYZ Madiun

  • Yudha Adi Kusuma Universitas PGRI Madiun
  • Aan Zainal Muttaqin Program Studi Teknik Industri, Universitas PGRI Madiun
Keywords:
Gambar Perspektif, Relevansi Kurikulim, Discovery learning

Abstract

Gambar perspektif memberikan manfaat dalam mengolah imajinasi siswa terhadap bentuk ruang suatu benda. Gambar berperan penting dalam dunia teknik karena sebagai bahasa. Pengembangan gambar pespektif di SMAN XYZ Madiun perlu didukung oleh relevasi kurikulum dan metode pembelajaran. Hasil relefansi pada kurikulum pembelajaran ≥ 50 % menunjukkan kesesuaian dengan kajian pada dunia teknik. Peningkatan nilai siswa terhadap pembejaran berbasis discovery learning melalui aplikasi gambar menunjukkan peningkatan nilai mencapai 24,18 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfajri, S., & Nasution, I. N. (2016). Menggunakan Metode Manual dan Digital. Jurnal Education Buuilding, 2, 30–40.
Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Bartoline, G. R. (2009). Introduction to Graphics Communications for Engineers. Indiana: McGrawHil Publishing Company.
Dakir. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
Emrizal, M. Z. (2006). Membaca dan Memahami Gambar Teknik Mesin. Yogyakarta: Yudhistira.
Fosket, A. C. (1996). The Subject Approach to Information. London: Clive Bingley.
Gronlund, N. E. (1982). Measurement and Evaluation in Teaching. London: Prentice-Hall Internasional, Inc.
Hamdan, Suherman, A., & Ariyanto. (2015). Relevansi Materi Mata Kuliah Gambar Teknik dan Materi Mata Pelajaran Gambar Teknik dengan Materi Standar Uji Kompetensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(1), 48–58.
Khumaedi, M. (2007). Membaca Gambar Proyeksi Menggunakan Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Model. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(14), 62–68.
Kurniawan, A. S., Khumaedi, M., & Sulisty, S. M. (2016). Penerapan Video CAD (Computer Aided Design) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Proyeksi Dengan Sistem Amerika dan Sistem Eropa. Journal of Mechanical Engineering Learning, 1(1), 28–41.
Prasetyo, W. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Teknik Untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 4(4), 253–260.
Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Jakarta Pers.
Semiawan, C. R., Tamgyong, A. F., Belen, S., Matahelemual, Y., & Suseloardjo, W. (1990). Pendekatan Ketrampilan Proses : Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.
Widyantoro, H., & Sentono, T. (2014). Pengaruh Prestasi Menggambar Teknik dan Motivasi Praktik Otomotif Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Mesin Otomotif SMK Al Munawwarah Cilacap Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Taman Vokasi, 1(2), 254–263.
Wijayanti, W. C. (2018). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Madiun. Madiun: Badan Pusat Statistik Kabupaten Madiun.
Woolfolk, A. E., & Nicolich, L. M. (1984). Educational Psychology for Teacher. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Published
2019-05-31
How to Cite
KusumaY. and MuttaqinA. (2019) “Pengembangan Gambar Perspektif Melalui Pendekatan Gambar Teknik di SMAN XYZ Madiun”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), pp. 54 - 59. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.603.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 452 times
PDF downloaded = 506 times