Pelatihan Program Komposter Ramah Lingkungan (KRL) SDM SD Islam Plus Al-Azhar

  • Ilma Fitriana Universitas Negeri Malang
  • Fathimah Soraya
  • Eka Putri Surya
  • Alby Aruna
  • Abdul Rahman Prasetyo
Keywords:
Pelatihan; Komposter; SDM; SD Islam Plus Al-Azar

Abstract

Abstrak Pelatihan Program Komposter Ramah Lingkungan (KRL) telah sukses diimplementasikan di SD Islam Plus Al-Azhar sebagai bagian dari inisiatif pengabdian masyarakat untuk mendaur ulang sampah menjadi pupuk melalui proses pengomposan. Melalui metode Aset Based Comunnity Development (ABCD). Pelaksanaan kegiatan ini dirancang untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai pengolahan sampah organik. Hasil pelaksanaan kegiatan ini sekolah sukses praktik melakukan pengomposan yang dapat digunakan untuk mengurangi jumlah sampah organik yang dibuang ke tempat pembuangan akhir. Hal ini tidak hanya menghemat pupuk secara ekonomi, tetapi juga meningkatkan kesadaran siswa tentang siklus alam dan kelestarian lingkungan.


Kata kunci: Pelatihan; Komposter; SDM; SD Islam Plus Al-Azar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, S., Jamilatun, S., Shitopyhta, L. M., W, M. U., & Sriyana, I. (2022). Pelatihan Teknologi Pengelolaan dan Pengolahan Sampah Menuju Sekolah Ramah Lingkungan Untuk Guru dan Siswa/i SD Muhammadiyah Pandes, Bantul. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 4(1), 981–991.
Annaba Kamil, P., Putri, E., & Ridha, S. (2020). Optimalisasi Environmental Literacy Pada Sekolah Adiwiyata di Kota Banda Aceh Untuk Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan. 4, 127–138.
Basit, A., & Sundawa, D. (2022). Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Hijau. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(2), 109–119. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7569
Blickem, C., Dawson, S., Kirk, S., Vassilev, I., Mathieson, A., Harrison, R., Bower, P., & Lamb, J. (2018). What is Asset-Based Community Development and How Might It Improve the Health of People with Long-Term Conditions? A Realist Synthesis. SAGE Open, 8(3), 2158244018787223. https://doi.org/10.1177/2158244018787223
Budiatman, I., & Kurnia, D. (2021). Pola Manajemen Dalam Membangun Sekolah Ramah Lingkungan. Jurnal Basicedu, 5(3), 1427–1434. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.940
Cundari, L., Arita, S., Komariah, L. N., Agustina, T. E., & Bahrin, D. (2019). Pelatihan dan pendampingan pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos di desa burai. Jurnal Teknik Kimia, 25(1), 5–12. https://doi.org/10.36706/jtk.v25i1.13
Firdaus, Z., Izza, J. N., Aruna, A., Novaldi, M. D., & Setiawan, D. (2022). Pengembangan mikroskop online interaktif pada materi biologi sel guna revitalisasi pembelajaran praktikum daring. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(1), 95–105. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.18997
Fitria, L., & Prena, G. D. (2021). Permasalahan Mengenai Sampah Organik Dan Non Organik Di Desa Tegal Kertha. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 7(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6224
Harrison, R., Blickem, C., Lamb, J., Kirk, S., & Vassilev, I. (2019). Asset-Based Community Development: Narratives, Practice, and Conditions of Possibility—A Qualitative Study with Community Practitioners. SAGE Open, 9(1), 2158244018823081. https://doi.org/10.1177/2158244018823081
Idrus, A., & Novia, Y. (2018). Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203–219. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757
Izza, J. N., Firdaus, Z., Roziqin, M. F. A., Aruna, A., & Setiawan, D. (2022). Pengembangan animal section game simulator dengan VR sebagai alternatif praktikum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 8(1), 251–260.
Marcelliantika, A., Surya, E. P., Vega, B. L. A., Aruna, A., Rini, D. R., Iriaji, I., & Prasetyo, A. R. (2022). Design Of Game-Based Learning Media The History Of General Soedirman’s Journey In The Pacitan Regency Gerilya War. International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS), 4(1). http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/7915
Meilani, S. S., & Rasman, M. (2021). Pengomposan Sampah Organik Sebagai Upaya Pengelolaan Lingkungan di Sekolah Dasar. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 5(3), 75–78. https://doi.org/10.36339/je.v5i3.452
Meinarni, N. P. S., Winatha, K. R., Yasa, I. P. P. K., & Semara, A. A. W. (2019). Pkm Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik Di Sd Negeri 1 Perean Kangin, Baturiti, Tabanan, Bali. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02). https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i02.2012
Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1344
Neti, N., Marzuki, M., & Martono, M. (2018). STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN, KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PROGRAM ADIWIYATA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24696
Priyanto, Y., Djati, M. S., & Fanani, Z. (n.d.). Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan.
Purnami, W. (2020). Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologi Siswa. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 110–116. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50083
Rahim, M. (2020). Strategi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan. Jurnal Sipil Sains, 10(1). https://doi.org/10.33387/sipilsains.v10i1.1920
Ramadhani, L. F., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Kultur Sekolah Berbasis Adiwiyata di Sekolah Dasar dalam Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 51–60. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19434
Ratnasari, A., Asharhani, I. S., & Marchelia Gupita Sari, S. R. H. (2019). Edukasi Pemilahan Sampah Sebagai Upaya Preventif Mengatasi Masalah Sampah Di Lingkungan Sekolah. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 652–659. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.498
Setiawan, H. (2021). Artikel Ilmiah Dalam Konteks Manajemen Lingkungan Sekolah: Program Sekolah Adiwiyata Sebagai Solusi Pengelolaan Lingkungan Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19. Edumedia : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.51826/edumedia.v5i1.499
Simanjuntak, M. H. I. M., Budi, G. S., & Miranda, Y. (2022). Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar Santa Maria Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4292
Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018a). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170–177. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177
Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018b). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170–177. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177
Vega, B. L. A., Aruna, A., Surya, E. P., Marcelliantika, A., & Iriaji, I. (2022). Incubation Of Human Resources Blitar Regency Based On Nft Artwork. International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS), 4(1). http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/7926
Wahdah, Z. N., Winarno, M. E., & Tama, T. D. (2020). Kecerdasan Ekologis dengan Aktivitas Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 1(2), 166–175. https://doi.org/10.15294/jppkmi.v1i2.40322
Wulansari, D. N., Kuningsih, T. W., Manarul, M., & Irvan, I. (2019). Analisis Peningkatan Pemahaman Pengolahan Sampah Organik dan Non Organik Di Desa Kiarasari. BERDIKARI, 2(1). https://doi.org/10.52447/berdikari.v2i1.4088
Published
2024-06-05
How to Cite
FitrianaI., SorayaF., SuryaE., ArunaA. and PrasetyoA. (2024) “Pelatihan Program Komposter Ramah Lingkungan (KRL) SDM SD Islam Plus Al-Azhar”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 11(2), pp. 183-190. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v11i2.5843.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times