UMKM GO-INTERNATIONAL: PEMBUATAN VIDEO PROFIL BILINGUAL SEBAGAI BRANDED-CONTENT SILVIA PIOBANG HANDYCRAFT

  • Sariani Sariani Politeknik Negeri Padang
  • Mutia El Khairat
  • Sumira Sumira
  • Fithratul Miladiyenti
  • Baetty Baetty
Keywords:
branded-content, media promosi, UMKM, video profil bilingual

Abstract

Strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien merupakan komponen yang substansial setelah tahapan produksi untuk meningkatkan volume penjualan tidak hanya untuk pasar dalam negeri tetapi juga pasar internasional. Silvia Piobang Handycraft, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Padang walaupun sudah mampu menciptakan lapangan kerja dan memberdayakan komunitas disabilitas, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi pemilik dan pegawainya, tetapi masih mengandalkan media promosi konvensional. Tujuan program pengabdian ini untuk menaikkan tingkat pemasaran produk satu usaha kecil, dan pertumbuhan yang berkelanjutan, melalui pemasaran konten dan kesadaran merek dengan video profil bilingual; Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pembuatan video bilingual ini terdiri dari tiga tahap dimulai dengan pre-production, production, dan post-production. Secara keseluruhan dari hasil tayang awal video profil ini di beberapa media sosial UMKM tersebut seperti Instagram, dan YouTube, menunjukkan strategi pemasaran dengan video bilingual ini terhadap kesadaran merek dan jumlah penjualan adalah signifikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Hidayati, N. and Rahayu, E. P. (2020) ‘Designing video profile fashion program Malang State University using adobe premiere’, in Journal of Physics: Conference Series. 1563. Jember, Indonesia: IOP Publishing, pp. 1–7. doi: 10.1088/1742-6596/1563/1/012010.
Apriliani, Z., Hasanah, U. and Anas, A. S. (2019) ‘Pembuatan video profil dengan efek vintage kampung wisata adat Sengkoah sebagai media informasi’, Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia (JTIM), 1(1), pp. 57–65. doi: 10.35746/jtim.v1i1.15.
Asyiah, S., Lestari, R. Y. and Juwandi, R. (2022) ‘Peran Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UMKM pemerintah kota Serang dalam pemberdayaan masyarakat di Kota Serang’, Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), pp. 6695–6704.
Halim, A. (2020) ‘Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mamuju’, GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), pp. 157–172.
Hanindharputri, M. A. and Pradnyanita, A. A. S. I. (2021) ‘Konten visual Instagram sebagai strategi pemasaran UMKM baru’, in Seminar Nasional Desain (SNADES) 2021 : Kebangkitan desain dan new media. UPN, Jawa Timur, pp. 285–292.
Hudori, M. et al. (2021) ‘Menciptakan brand image dan strategi pemasaran pada UMKM Rumah Malicha’, in National Conference for Community Service Project (NaCosPro) 3(1), pp. 211–218. doi: http://dx.doi.org/10.37253/nacospro.v3i1.5938.
Makrides, A., Vrontis, D. and Christofi, M. (2020) ‘The gold rush of digital marketing: Assessing prospects of building brand awareness overseas’, Business Perspectives and Research, 8(1), pp. 4–20. doi: https://doi.org/10.1177/2278533719860016.
Muadz, M. and Riyanto, B. (2023) ‘Pelatihan video broadcasting; Pengoperasian kamera video dan aplikasi live streaming bagi siswa SMKN 9 Surakarta’, Jurnal Abdimas Mahakam, 7(2), pp. 137–144. doi:http://dx.doi.org/10.24903/jam.v7i02.225.
Permana, A. A. J., Kertiasih, N. K. and Budhayasa, I. P. (2017) ‘Video profil sebagai sarana promosi efektif dalam menunjang eksistensi Program Studi Manajemen Informatika’, Jurnal Sains & Teknologi, Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), pp. 238–247. doi: https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v6i2.10705.
Primasari, C. H. and Wibisono, Y. P. (2021) ‘Video iklan sebagai sarana peningkatan impresi publik terhadap produk komunitas UMKM Kotabaru Yogyakarta’, ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), pp. 127–134. Available at: http://abdi.ppj.unp.ac.id/index.php/abdi.
Profil bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) (2015).
Sariani, S. et al. (2022) ‘Pembuatan video profil kampung tematik dan edukasi Eco Enzyme Sebagai media promosi efektif’, International Journal of Community Service Learning (IJCSL), 6(4), pp. 420–429. doi: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.51927.
Sasongko, D. (2020) UMKM bangkit, ekonomi Indonesia terungkit, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Available at: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html (Accessed: 21 March 2023).
Sularsih, H. and Nasir, A. (2021) ‘Strategi UMKM dalam meningkatkan pendapatan dimasa pandemi Covid-19 guna mempertahankan kelangsungan usaha di era revolusi industri 4.0 (studi pada UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Pasuruan)’, Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(4), pp. 763–772.
Surya, A. and Wilarso, W. (2022) ‘Pendampingan dasar-dasar strategi pemasaran dalam era digital untuk UMKM Kecamatan Cileungsi’, JPM Wikrama Parahita, 6(1), pp. 23–28. doi: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.352.
Tambunan, T. T. . (2009) UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Waters, R. D. and Jones, P. M. (2011) ‘Using video to build an organization’s identity and brand: A content analysis of nonprofit organizations’ YouTube Videos’, Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing, 23(2), pp. 248–268. doi: https://doi.org/10.1080/10495142.2011.594779.
Wibisono, Y. P., Primasari, C. H. and Setiawan, D. (2021) ‘Pendampingan dan pembuatan konten video untuk mendukung pemasaran melalui media sosial bagi UMKM fashion’, Jurnal Pengabdi, 4(2), pp. 113–121. Available at: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPLP2KM.
Yunita, D. et al. (2022) ‘Pembuatan content marketing sebagai strategi menumbuhkan brand awareness bagi pelaku usaha di era Pandemi Covid-19’, Sricommerce. Journal of Sriwijaya Community Service, 2(2), pp. 89–96. doi: https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38.
Zubair, F., Bakti, I. and Yustikasari, Y. (2019) ‘Pemberdayaan perangkat desa terampil bermedia dalam membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan di Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang’, Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), pp. 66–73.
(2022) ‘Digitalisasi UMKM dari hulu hingga hilir’. Available at: http://www.wantiknas.go.id/.
Published
2024-05-31
How to Cite
SarianiS., KhairatM., SumiraS., MiladiyentiF. and BaettyB. (2024) “UMKM GO-INTERNATIONAL: PEMBUATAN VIDEO PROFIL BILINGUAL SEBAGAI BRANDED-CONTENT SILVIA PIOBANG HANDYCRAFT”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 11(2), pp. 170-177. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v11i2.5689.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times