OPTIMALISASI TINGKAT PENGGUNAAN APLIKASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNDIKNAS DENGAN BERFOKUS PADA USER INTERFACE & USER EXPERIENCE
UI UX, Learning Management System, Double Diamond
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan metode pendampingan dilaksanakan di Universitas Pendidikan Nasional Denpasar yang berfokus pada objek berupa aplikasi Learning Management System UNDIKNAS. Tujuan pengabdian ini berupa untuk membantu tim INTENS (Tim IT UNDIKNAS) dalam mengembangkan dan meningkatkan penggunaan Learning Management System UNDIKNAS yang masih tergolong kurang berhasil untuk saat ini. Metode yang digunakan yaitu Double Diamond sebagai salah satu metode dalam UI UX yang berfokus pada permasalahan tanpa melupakan tujuan awal pembuatan proyek ataupun aplikasi. Hasil yang didapatkan akan berupa diagram afinitas mengenai umpan balik terhadap tampilan serta fungsionalitas aplikasi LMS UNDIKNAS. Data dari afinitas diagram tersebut kemudian digunakan menjadi acuan untuk meningkatkan dan mengoptimalisasi UI UX LMS UNDIKNAS
Downloads
References
2. I Gusti, N.D.P., M.Febrian, E.A., Gede, H.P., 2023. Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Desa Wisata Lombok Tengah Menggunakan Metode Design Thinking. https://jurnal.undhirabali.ac.id/ Vol 9. No. 3.
3. Pratiwi, Nuning Indah., 2017. Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Undiknas. Volume 1, Nomor 2. https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.219
4. Norman, D.A., 2013. The design of everyday things, Revised and expanded edition. ed. Basic Books, A Member of the Perseus Books Group, New York.
5. Permana, P., n.d. Efektivitas Penerapan Learning Management System (LMS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Bahasa Jerman.
6. Sinta, N., n.d. Perancangan Prototype Aplikasi Deaf Care untuk Menunjang Aksesibilitas Pendamping dalam Memenuhi Kebutuhan Anak Tuna Rungu Menggunakan Metode User Centered Design. Universitas Islam Indonesia 197.
7. Supriyono, S., 2019. Penerapan ISO 9126 Dalam Pengujian Kualitas Perangkat Lunak pada E-book. M 11, 9. https://doi.org/10.18860/mat.v11i1.7672
8. Widiyono, A., 2021. Pengaruh Penggunaan LMS dan Aplikasi Telegram terhadap Aktivitas Belajar. JPIPFIP 14, 91–101. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37857
9. William, R.W., 2007. An Argument for Clarity: What are Learning Management Systems, What are They Not, and What Should They Become? TechTrends 51, 28–34. https://doi.org/10.1007/s11528-007-0023-y
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.