IMPLEMENTASI METODE MATERNAL REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK TUNA RUNGU DI SLB PURWOSARI KUDUS
Metode Maternal Reflektif, Pembelajaran Bahasa Arab
Abstract
Penelitian ini menjabarkan metode pengajaran yang baik digunakan untuk anak berkebutuhan khusus yang dalam hal ini anak tuna rungu. Nama metode pembelajaran ini adalah Metode Maternal Reflektif. Tujuan implementasinya untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa dan pembelajaran jadi lebih tepat dan efektis mengingat bahasa Arab dirasakan selama ini sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan terlebih bagi anak disabilitas tuna rungu. Target dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui konsep metode maternal reflektif 2) implementasi metode maternal reflektif dalam pembelajaran bahasa arab;. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilaksanakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yaitu menekankan analisisnya pada proses penyimpulan induktif dan deduktif serta analisis terhadap hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika. Metode maternal reflektif ini diharapkan mampu menjadi metode yang tepat dalam pembelajaran bahasa arab bagi anak tuna rungu dan mampu meningkatkan prestasi siswa. Hasil Penelitian didapatkan bahwa: (1) pengetahuan tentang konsep metode maternal reflektif merupakan metode pengajaran Bahasa yang dikembangkan oleh A. Van Uden (1968) dari lembaga pendidikan yang di kenal secara internasional dalam dunia Pendidikan yaitu St. Michielgestel, yang terletak di Negara Belanda beserta konsep-konsep MMR lainnya; (2) Telah terimplementasunya metode maternal reflektif di SLB Purwosari Kudus dalam pembelajaran bahasa arab dengan baik sehingga pembelajaran bahasa arab bagi anak tuna rungu menjadi efektif dan jugaa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut. (3) mengetahui faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan metode maternal reflektid di SLB Putwosari Kudus.
Downloads
References
Abdul Rachman Shaleh, 2005, Pendidikan Agama dan Pembangunan Bangsa, (Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Achmadi, 2005, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Andreas Dwijo Sumarto. 1990. Ortopaedagogik ATR. Bandung : Depdikbud.
B.Suryobroto, 1997, Proses belajar Mengajar di Sekolah, Rineka cipta, Jakarta.
Dedi Supriadi, 2004, Membangun Bangsa Melalui Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fredrick J. MC. Donald, 1954, Education Psychology, Tokyo Overses Publication, LTD,.
Herry Widyastono, juni.2003, Jurnal Rehabilitasi & Remediasi, Pusat Penelitian Rehabilitasi Dan Remediasi (PPRR) Lembaga Penelitian UNS Surakarta nomor 1.
http:/www.google.co.id/gwt/x?q=metode+maternal+reflektif/16/
Lani Bunawan dan Cecilia Susila Yuwati, 2000, Penguasaan Bahasa anak Tuna Rungu, Yayasan Santi Rama, Jakarta.
Mufti Salim.1984. Pendidikan anak Tunarungu. Jakarta : Depdikbud Mustakim. Membina Kemampuan Berbahasa. Jakarta : Gramedia Utama.
Mukhtar,2003, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Misaka Ghalia.
Muhaimin, dkk, 2002, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata, 2005, Metode Penelitian Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Ngalim Purwanto, 1995, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Rosdakarya.
Permanarian Somat & Tati Herawati. 2004, Ortopedagogik Anak Tunarungu Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Guru.
Syaifudin azwar, 1998, Metodologi Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta,.
Suharsimi Arikunto, 1996, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta, Jakarta, Cet. Ke-10.
Sutjihati Sumantri.1996. Psikologi Anak Luar Biasa, Jakarta : Depdikbud . Undang-Undang, 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (UU RI No. 20 Th.) Bandung : Citra Umbara Cet. 4.
Syaikh Mustafa Al-Ghulayani, Idhatun Nasyiin, Pekalongan : Raja Murah, t.th
Zakiyah Darajad, dkk.
Jalaluddin As-Suyuti, Al-Jamius Shaghir, (Bandung : Al-Maarif, t.th),.
Zuhairini,dkk, Metodologi Pendidikan Agama,