ANALISIS KEBERHASILAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA STUDI EMPIRIS PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNSIQ WONOSOBO
kualitas system, kualitas informasi, kualitas pelayanan, kemudahan pengguna yang dipersepsikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pengaruh kualitas system terhadap kepuasan pengguna. Membuktikan pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna. Membuktikan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna.Membuktikan pengaruh kemudahan pengguna yang dipersepsikan terhadap kepuasan pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sains Ilmu Al Quran. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) versi 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas sistem berpengaruh positif terhadap Kepuasan pengguna (H1 diterima). Kualitas informasi berpengaruh positif terhadap Kepuasan pengguna (H2 diterima). Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan pengguna diterima (H3 diterima). Kemudahan pengguna yang dipersepsikan berpengaruh positif terhadap Kepuasan pengguna diterima (H4 diterima).
Downloads
References
Ghazali, G. 2006. Structural Equation Modelling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Acep, Kosasih. 2007. Analisis Faktor faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Maksi 6(2) : 143 160.
Tulumang, Stefanus J, G.D. Kandou, Ch.R. Tilaar. Tingkat Kepuasan Pasien atas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam (Interna) di RSU Prof. R.D. Kandou Malalayang- Manado. JIKMU. 2015;5(2b).
Tulumang, Stefanus J, G.D. Kandou, Ch. R. Tilaar. Tingkat Kepuasan Pasien atas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam (interna) di RSU Prof. R.D. Kandou Malalayang Manado. JIKMU. 2015;5 (2b).
Krismiaji (2002). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.
Jawad, A. Q., and R. Reevess.1997. Successful Acquisition of IT Systems. Working Paper.
Sutardji dan Sri Ismi Maulidyah (2006). Analisis Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Pada Kepuasan Pengguna Perpustakaan: Studi kasus di perpustakaan balai penelitian tanaman kacang kacangan dan umbi umbian. Jurnal Perpustakaan Pertanian, Vol,15, No. 2
Kotler, Philip (2002). Marketing Management. Prentice Hall, New Jersey
Poll, Roswitha (2008) "High Quality High Impact ? Performance And Outcome Measure InLibraries.www.tilburguniversity.nl/services/lis/ticer/08 carde/publicat/04apoll.pdf
Yuadi, Imam (2008) Kualitas Perangkat Lunak: Definisi, Pengukuran dan Implementasi (Studi kasus dalam open-source software) Artikel.
DeLone, W. H. dan Ephraim R. McLean (2003) The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten Year Update. Journal of Management Information Systems/Spring vol. 19. No. 4, pp. 9 30 Bhpbowo.wordpress.com Id.m.wikipedia.org
Venkatesh, V., dan Michael G. Morris (2000) Why Dont Men Ever Stop to Ask For Direction? Gender, Social, Influence, And Their Role In Technology Acceptance And Usage Behavior. MIS Quarterly, 24/1
Zviran, M., Nava Plinskin dan Ron Lewi (2005) Measuring User Satisfaction And Perceived Usefullness In The ERP Context. Journal of Computer Information Systems, Spring.
Bergensen, Bard M. (2008) User Satisfaction and Influencing Issue. Artikel. www.iu.hio.no/~frodes/rm/bard.pdf