PENGARUH INTENSI BERWIRAUSAHA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA ( Studi Kasus di Sentra UMKM Pengrajin Teralis di Desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo )

  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-qur’an
Keywords:
Kinerja bisnis, niat kewirausahaan, orientasi kewirausahaan

Abstract

Fenomena UMKM menurun dan bahkan punah baik dari segi kualitas produk dan jumlah bisnisnya. Fakta ini tentu saja bertentangan dengan program pemerintah yang ada kecenderungan untuk menahan liberalisasi ekonomi. Salah satu kemunduran UKM pengrajin besi di Kabupaten Wonosobo. Jumlah pengrajin besi menyusut dari di desa Jlamprang, kabupaten Wonosobo, Wonosobo khususnya dan pada umumnya dalam beberapa dekade terakhir telah benar-benar terjadi ketika pemerintah dalam ayunan penuh bekerja untuk meningkatkan jumlah dan jenis UKM. Atas dasar kasus maka saya tertarik untuk menguji pengaruh kompetensi dengan yaitu kewirausahaan niat dan orientasi kewirausahaan pada kinerja bisnis di pusat UKM pengrajin besi desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha kerajinan besi di Desa Sentra indusri besi Jlamprang Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo sebanyak 63 usaha. Sampling dalam penelitian ini menggunakan sensus sampel bahwa pemilihan sampel untuk mencakup semua anggota populasi. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 63 responden. Alat analisis yang digunakan adalah beberapa situs regresi dan penelitian linear di Desa Jlamprang kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Niat kewirausahaan terhadap Kinerja Bisnis (2) Orientasi kewirausahaan secara parsial mempengaruhi Kinerja Bisnis (3) secara bersamaan niat kewirausahaan dan kewirausahaan orientasi berpengaruh terhadap kinerja bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alain Mitrani. 1995. Employee Value Added: Measuring Discretionary Effort and Its Value to The Organization. Journal of Center for Organization Effectiveness. 6 (8): 1-8.

Alimudin, Arasy. 2012. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan dan Kinerja Usaha Kecil Sektor Perdagangan di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah. 6 (4): 271-280.

Alma, Buchori. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV Alfabeta. Alma, Buchori. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV Alfabeta.

Ardiana, I.D.K.R., I.A. Brahmayanti, Subaedi. 2013. Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Bisnis Manajemen. 1(1): 34-43

Armstrong, Kotler. 2007. An Examination of Orientasi kewirausahaan in Public Accounting. Accounting. Journal of Organizations and Society. 6 (4): 271-280.

Armstrong, M. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Media Kompetindo

Atuahene, Gima K and Kamel, Micheal. 1998. A Contingency Analysis of the Impact of Salespersons Effort on Satisfaction and Performance in Selling New Products. European Journal of Marketing. 32 (10): 904-921.

Bachtiar, Rifai. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Mebel (Studi Kasus Pada UKM UD. Agung Mebel Desa Ciwalen Kabupaten Cianjur). Jurnal Ilmiah. 6 (2): 71-80.

Azwar, Saifudin. 2006. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bonoma, Thomas V. and Bruce H. Clark. 1998. Marketing Performance Assessment. Boston : Harvard Business School Press.

Boyd., Walker., dan Larrche. 2000.Manajemen Pemasaran Sesuatu Pendekatan Strategi Dengan Orientasi Kewirausahaan. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Fakultas Ekonomi UNSIQ. 2015. Pedoman Penulisan Skrtipsi Fakultas Ekonomi. Wonosobo : Fakultas Ekonomi UNSIQ

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 17. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kottler, P. 2007. Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation and Control, Edisi Ke-7. New Jersey : Prentice Hall Inc.

Lumpkin, G.T. and Dess, G.G. 1996. Clarifying the Entreprenuerial Orientation and Construct and Linking it to Performance. Academy of Management Review. 21(1): 135-172.

Martoyo, S. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Matsuno, K., J. T. Mentzer, and A. Ozsomer. 2002. The Effect Entrepreneurial Proclivity and Market Orientation on Business Performance. Journal of Marketing. 66 (3): 18-33.

Miller. D. and P. H. Friensen. 1983. Strategy-Making and Environment: The Third Link. Strategic Management Journal. 4 (3): 221-235.

Ostrenga and Harwood. 1992. The Ernst & Young Guide to Total Cost Management. Publised Wiley. 5(5): 111-122

Philip dan Duncan. 2012. Marketing Principles & Methods. New Jersey : Prentice Hall Inc.

Rivai, H. Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Edisi 2. Jakarta [ID]: PT. Raja Grafindo Persada. Rivai, Veihzal & Ahmad Fawzi Mohd. Basri. 2005. Performance Appraisal :Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sekaran, Uma. 2006. Metode Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Suryana. 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : Salemba Empat.

Syamsul. 2002. Dampak Krisis Ekonomi terhadap Pola Inovasi, motivasi dan kinerja usaha. Bogor : Fakultas Ekonomi IPB.
Published
2017-01-02
How to Cite
PurwantoH. (2017) “PENGARUH INTENSI BERWIRAUSAHA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA ( Studi Kasus di Sentra UMKM Pengrajin Teralis di Desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo )”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(1), pp. 90-104. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v4i1.410.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 221 times
PDF downloaded = 289 times