STRATEGI INOVATIF PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN WONOSOBO JAWA TENGAH
strategi, inovasi, pembelajaran, akidah akhlak
Abstract
Pendidikan Agama Islam berperan penting terhadap pembinaan akidah akhlak. Dalam Pendidikan Agama Islam yang menjadi tujuan kependidikan Islam bukan hanya berupa transfer of knowledges, tapi juga dalam bentuk transfer of values yaitu pembinaan terhadap nilai-nilai moral dan spiritual keagamaan. Pada mata pelajaran akidah akhlak aspek yang dikembangkan merupakan ranah afektif yang berimplikasi pada ranah spiritual peserta didik yang membutuhkan suatu strategi dalam mengimplementasikan akidah akhlak dalam suatu proses pembelajaran. Madrasah sebagai lembaga Pendidikan Islam memiliki peran yang sangat dalam menciptakan, memberdayakan dan membina akidah akhlak peserta didik dengan seksama dan komprehensif. tujuan penelitian adalahUntuk mengetahui strategi dan model pembelajaran akidah akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah. Strategi pembelajaran yang diterapkan berperan secara signifikan dalam meningkatkan mutu belajar peserta didik. Dalam pengembangan strategi pembelajaran inovatif, yakni dengan melibatkan aspek-aspek pembelajaran yang terdiri atas tujuan, materi, metode, media, dan penilaian. Penerapan strategi pembelajaran mengacu kepada proses kegiatan pembelajaran. Adapun aspek-aspek dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut merupakan komponen-komponen pembelajaran yang merupakan bagian dari sistem pembelajaran.Langkah strategis yang dilaksanakan dalam menerapkan strategi pembelajaran inovatif dengan menggunakan variasi metode dalam proses pembelajaran, seperti metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi, dan demonstrasi.
Downloads
References
Agustian, Ary Gynanjar. 2006. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey melalui Al-Ihsan. Cet. 10. Jakarta: Penerbit Arga.
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Cet. 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Amini, Ibrahim. 2006. Agar Tak Salah Mendidik Anak. Jakarta: Al-Huda.
Bagus, Lorens. 2002. Kamus Filsafat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Jalaludin. 2002. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Radar Jaya Offset.
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Akhlak Mulia. alih bahasa Abdul Hayyie al-Kattani, dkk. Jakarta: Gema Insani Press.
Maunah, Binti. 2009. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet. 1. Yogyakarta: TERAS.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Cet. 4. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Cet. 2. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cet. 3. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. 8. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subjeck, alih bahasa Sarjuli. dkk. Cet. 6. Yogyakarta: YAPPENDIS.
Sumarno, Alim. Albert Bandura. dikutip dari http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno/albert-bandura. diakses pada tanggal 17 Januari 2012.
Suprayoga, Imam dan Tobroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suwaid, Muhammad Ibnu Abdul Hafidz. 2008. Cara Mendidik Anak. Jakarta: Al-I?tishan Cahaya Umat.
Syukur, Amin. 2012. Intelektualisme Tasawuf, Cet. 2. Semarang: LEMBKOTA dan Pustaka Pelajar.
Thalib, Muhammad. 2008. Praktik Rasulullah Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.
Ulwan, Abdullah Nashih. 2007. Pendidikan Anak dalam Islam. Jilid 2. alih bahasa Jamaludin Miri. Cet. 3. Jakarta:Pustaka Amani.
Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiadi. 1996. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.