PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI TPACK GURU PAUD

  • Akaat Hasjiandito PGPAUD FIP UNNES
  • Edi Waluyo PG PAUD FIP Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sularti Dewanti Handayani PG PAUD FIP Universitas Negeri Semarang
  • Basuki Sulistio KTP FIP Universitas Negeri Semarang
Keywords:
TPACK, android, guru PAUD

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan TPACK guru PAUD melalui kegiatan pelatihan pengembangan aplikasi android. Metode yang digunakan dalam kegaitan pengabdian ini adalah dengan memberikan materi konseptual disertai dengan praktikum, penugasan, kegiatan pendampingan dan review hasil kegiatan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan model hybrid dengan peserta yang hadir luring sebanyak 50 orang dari Kota Semarang dan hadir secara daring sebanyak 70 orang yang berasal dari berbagai Kota di Jawa Tengah. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan peserta dalam pengembangan aplikasi android, pemahaman terhadap konsep dan implementasi TPACK serta terkumpul tugas apk sebanyak 83 produk. Hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim pengabdi setelah dilaksanakannya kegiatan pelatihan menunjukan bahwa ada peningkatan yang significant terhadap kemampuan peserta. Sebelum kegiatan pelatihan rata-rata pemahaman guru terhadap konsep dan implementasi TPACK adalah 84,57% sedangkan setelah dilakukannya kegiatan pelatihan tingkat pemahaman guru meningkat menjadi 89,16%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah. Jurnal basicedu. J basicedu. 2019;3(2):524–32.
2. Quddus A. Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI LPTK UIN Mataram. J Tatsqif. 2020;17(2):213–30.
3. Mishra P, Koehler MJ. Too Cool for School ? No Way ! Using the TPACK Framework. Learn Lead with Technol [Internet]. 2009;36(7):14–8. Available from: http://eric.ed.gov:80/ERICWebPortal/contentdelivery/servlet/ERICServlet?accno=EJ839143
4. Mu’minah IH, Gaffar AA. Pemanfaatan e-learning berbasis google classroom sebagai media pembelajaran biologi. InProsiding Seminar Nasional Pendidikan 2020 Nov 11 (Vol. 2, pp. 800-816).
5. Statista.com. Market share of mobile operating systems in Indonesia from January 2012 to July 2021, by operating system. 2022.
6. Formen. A. ECE teachers & digital literacy Initial findings from Kota Semarang based on Ng’s (2012) Digital Literacy questionnaires. 2018. Disajikan dalam International Conference Semarang Early Childhood Research and Education Talks.
7. Susilo PH, Rohman MG. Peningkatan Kompetensi Tik Guru Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Semin Nas Sist Inf … [Internet]. 2018;1487–94. Available from: https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/download/204/170
8. Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan educative game berbasis aplikasi android untuk memfasilitasi keterampilan membaca anak usia 5-6 tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 187-196.
9. Hermanto, R. C., & Mauliana, P. (2020). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Alat Olahraga Untuk Anak Paud Berbasis Android (Studi Pada: Paud Ra Al-Fath). eProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1), 47-51.
10. Susanti, S. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 65-76.
11. Utomo, S. S. (2019). Guru di era revolusi industri 4.0. Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 1(1), 70-83.
12. Nuryani, D., & Handayani, I. (2020, April). Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
13. Nuha, I. U., Lathief, M. A., & Yuliati, N. (2020). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Calon Guru PAUD Angkatan Tahun 2015 di Universitas Jember. Jurnal Edukasi, 7(1), 13-16.
14. Sakti, R., & Eliza, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Guru Untuk Pembelajaran Online di Paud: Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(2), 143-159.
15. Nurhayani, N., Yuanita, S. K. S., Permana, A. I., & Eliza, D. (2022). TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Basicedu, 6(1), 179-190.
Published
2023-06-06
How to Cite
HasjianditoA., WaluyoE., Dewanti HandayaniS. and SulistioB. (2023) “PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI TPACK GURU PAUD”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(2), pp. 116-122. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v10i2.3738.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 413 times
PDF downloaded = 203 times