PELATIHAN MENGEMBANGKAN EVALUASI PEMBELAJARAN INOVATIF MENGGUNAKAN GOOGLE FORM, KAHOOT DAN QUIZZIZ DI SEKOLAH DASAR

  • Awiria Awiria Universitas Bhayangkra Jakarta Raya
  • Asrori Yudha Prawira Universitas Bhayangkra Jakarta Raya
  • Dariyanto Dariyanto Universitas Bhayangkra Jakarta Raya
  • Intan Sari Pujayanah Universitas Bhayangkra Jakarta Raya
Keywords:
google form, quiziz, kahoot, PGSD Untirta alumni

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan ke-mampuan dalam menggunakan media atau aplikasi evaluasi pembelajaran sebagai upaya pen-ingkatan digitalisasi evaluasi pembelajaran untuk mahasiswa dalam masa kenormalan baru. Upaya yang dilakukan berupa edukasi yang menggunakan metode tidak kaji partisipatif yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap kegiatan analisis situasi, persiapan aspek kebutuhan dan pelaksaanaa, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara dalam jaringan pada alumni PGSD Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Mengingat alumni PGSD Universitas Sul-tan Ageng Tirtayasa memiliki hambatan dalam memanfaatkan dan menggunakan atau men-goptimalkan media ataupun aplikasi evaluai pembelajaran secara daring. Adapun aplikasi evaluasi pembelajaran yang akan di latihkan yaitu instrumen pembelajaran online dengan menggunakan google form, quiziz dan kahoot. Kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru pembuatan alat evaluasi dalam jaringan yang inovatif yang terintergrasi  kedalam pembelaja-ran dalam jaringan jarak jauh saat ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admaja, A. M. et al. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial untuk guru dalam mengembangkan software tes berbasis computer. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran Vol. 5, No. 2, April 2019, Hal. 63-68.
Amornchewin, R. 2018. The Development of SQL Language Skills in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students' Learning Engagement. Indonesian Journal of Informatics Education, (2):85-90.
Amrullah, D. 2020. Keefektifan Aplikasi Kahoot Berbasis Web Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di SMAN 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Semarang: Unes
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Jakarta: Rosdakarya.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Herliandry, L, D, dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 22 Nomor 1
Irwan, I., Z.F. Luthfi, & A. Waldi. (2019.) Efektifitas Penggunaan Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan, 8(1): 95-104.Jakarta: Rosdakarya.
Lestari, W. W. (2016). Pengembangan e-learning dengan Schoology sebagai suplemen pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Gravitasi Newton. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung 2016.
Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B. & George, J. L. (2018). Students perception of Kahoot!‟s influence on teaching and learning. Res. Pract. Technol. Enhanc. Learn. 13(1): 1-23.
Masruro, H. B. dan Sumbawati, M. S. (2018). Penerapan e-learning berbasis Dokeos pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital di SMK Negeri 1 Pungging. Jurnal IT-EDU, Volume 03 Nomor 01 Tahun 2018, [236-245].
Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Oktavianta, H. dan Istiyono, E. (2016). Pengembangan instrument penilaian berbasis Quizstar untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik SMA pada materi pokok Teori Kinetik Gas. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 5, Nomor 7, Tahun 2016; 437-445.
Purwanto, A, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edupsycouns Journal, Volume 2 Nomor 2.
Rahmawati, dkk. (2019). Implementasi Kahoot sebagai Instrumen Tes Pembelajaran Fisika di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA):Volume 3, 2019, pp. 23-34
Rahmayanti, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 4 (2)
Setiawan, A., S. Wigati, & D. Sulistyaningsih. (2020). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi 79 Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019. ISBN 2685-5852 2020: 167–173
Suyoso et al. (2017). Pengembangan instrument asesmen pengetahuan Fisika berbasis komputer untuk meningkatkan kesiapan peserta diklat dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, V (1), 2017, 89-97.
Wulandari, G. S. dan Joko (2017). Penyiapan pembelajaran Learning Management System (LMS) menggunakan Edmodo Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 06 Nomer 03 Tahun 2017, 267-271
Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group
Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, 8(1): 37-43.
Published
2022-01-29
How to Cite
AwiriaA., PrawiraA., DariyantoD. and PujayanahI. (2022) “PELATIHAN MENGEMBANGKAN EVALUASI PEMBELAJARAN INOVATIF MENGGUNAKAN GOOGLE FORM, KAHOOT DAN QUIZZIZ DI SEKOLAH DASAR”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(1), pp. 112-119. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v9i1.2173.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 478 times
PDF downloaded = 308 times