https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/pasak/issue/feedPasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan2025-06-07T20:30:42+07:00Hermawanhermawanarsit@gmail.comOpen Journal Systems<p>Pasak: Jurnal Teknik Sipil dan Bangunan merupakan media komunikasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Teknik Sipil, Bangunan dan Arsitektur. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo secara berkala dua kali dalam satu tahun pada bulan September dan Maret.</p>https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/pasak/article/view/8986Pengaruh penggunaan ipal komunal terhadap effisiensi biaya pada Proyek Perumahan (studi kasus Perumahan Candi Hills)2025-04-01T20:05:42+07:00Ibnu Majjah23914011@students.uii.ac.idAditia Ilham PratamaPratama@gm.co.idGiffari Radya MahendraMahendra@gm.co.idAlbani MusyafaMusyafa@gm.co.id<p>Pengelolaan air limbah domestik di proyek-proyek perumahan perkotaan menghadirkan tantangan yang semakin meningkat karena pertumbuhan populasi dan urbanisasi yang cepat. Sistem tangki septik individual tradisional sering kali gagal mengatasi pencemaran lingkungan dan risiko kesehatan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi biaya penerapan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal dibandingkan dengan tangki septik individual di proyek perumahan Candi Hills. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder seperti desain teknik, bill of quantity, dan analisis biaya. Metodologi yang digunakan adalah menghitung laju aliran air limbah, merancang jaringan pipa dan fasilitas pengolahan, serta membandingkan biaya investasi dan operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun investasi awal untuk sistem IPAL komunal lebih tinggi, yaitu sebesar Rp309.633.123,52 dibandingkan dengan Rp367.477.166,84 untuk 54 tangki septik individual, sistem komunal menawarkan pengurangan biaya sebesar 15,75% dalam jangka panjang. Selain itu, sistem IPAL komunal menunjukkan efisiensi yang lebih tinggi dalam pengolahan air limbah yang berkelanjutan, mengurangi dampak lingkungan, dan desain yang hemat tempat. Temuan ini menggarisbawahi keuntungan ekonomi dan lingkungan dari sistem pengelolaan air limbah komunal, yang memposisikannya sebagai solusi berkelanjutan untuk pembangunan perumahan di perkotaan.</p>2025-03-31T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/pasak/article/view/9000Manajemen Risiko Pembangunan Gedung Inspektorat Kabupaten Kebumen2025-04-01T20:04:50+07:00Eisna Hariyanti23914004@students.uii.ac.idRachmadhani Satrio WirahadiWirahadi@uii.ac.idNoor Rizky RizaldiRizaldi@uii.ac.id<p>Proyek konstruksi sering kali menghadapi berbagai ketidakpastian dan risiko yang dapat mempengaruhi efisiensi serta keberhasilannya. Manajemen risiko yang efektif sangat penting untuk mengidentifikasi dan mengelola potensi risiko yang dapat mengganggu jadwal, biaya, dan kualitas proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem manajemen risiko yang komprehensif untuk proyek pembangunan Gedung Kantor Inspektorat Kabupaten Kebumen. Menggunakan pendekatan berdasarkan siklus hidup manajemen risiko, penelitian ini mencakup tahap identifikasi, analisis, penanganan, dan pemantauan risiko yang dihadapi oleh proyek tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko terbesar yang dihadapi proyek ini meliputi kenaikan harga material, rendahnya penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), kesalahan desain, keterlambatan proyek, dan perubahan jadwal pelaksanaan pekerjaan. Strategi mitigasi yang digunakan untuk mengatasi risiko-risiko ini termasuk penghindaran, pengalihan, mitigasi, dan penerimaan risiko, dengan pendekatan yang disesuaikan untuk setiap kategori risiko. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya pemantauan risiko secara berkelanjutan untuk memastikan efektivitas strategi yang diterapkan. Temuan ini memberikan kontribusi pada pengelolaan proyek konstruksi di lingkungan yang penuh tantangan dan dapat digunakan sebagai pedoman untuk proyek-proyek konstruksi serupa</p>2025-03-31T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/pasak/article/view/9002Analisis Kinerja Dan Kapasitas Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Kolonel Kardjono Kabupaten Wonosobo2025-04-01T20:05:02+07:00Farhan Hamid PratamaFarhanhamidpratama@gmail.comNisa Putri Wulandarinisaputriwulandari8@gmail.comFikri Riza Rahmawanfikrirahmawan01@gmail.comAndika Surya Negaraandikawsb@gmail.comWiji Lestarinilestariniw@yahoo.co.id<p style="text-align: justify; text-indent: 14.2pt;"><span style="font-size: 11.0pt;">Wonosobo merupakan salah satu daerah dengan tingkat gangguan lalu lintas yang cukup tinggi, terutama di sekitar RSUD Kabupaten Wonosobo. Jalan ini sering mengalami permasalahan arus lalu lintas yang mempengaruhi efisiensi dan kenyamanan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dan kapasitas arus lalu lintas pada ruas Jalan Kolonel Kardjono</span>,<span style="font-size: 11.0pt;"> Kabupaten Wonosobo guna meningkatkan tingkat pelayanan (Level of Service) jalan tersebut. </span></p> <p style="text-align: justify; text-indent: 14.2pt;"><span style="font-size: 11.0pt;">Analisis dilakukan dengan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, yang meliputi analisis operasional dan perencanaan untuk ruas jalan perkotaan. Data lalu lintas dikumpulkan melalui survei selama dua hari, yaitu pada tanggal 16 Mei 2024 (Kamis) dan 19 Mei 2024 (Minggu), mencakup jam-jam sibuk. Hasil survei menunjukkan bahwa volume lalu lintas pada jam puncak mencapai 637,9 smp/jam pada hari Kamis dan 455 smp/jam pada hari Minggu, dengan derajat kejenuhan yang cukup tinggi.</span></p>2025-03-31T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/pasak/article/view/9003Evaluasi Penerapan Manajemen Mutu dalam Pembangunan Perumahan Subsidi2025-04-01T20:04:37+07:00hardhik hardhik23914009@students.uii.ac.idM. Alwan Dwi WidodoWidodo@uii.ac.idKholif Ikhsan MaulanaMaulana@uii.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan rumah sederhana sehat di Perumahan Bumi Dieng Indah, Kabupaten Wonosobo, dengan fokus pada standar kesehatan dan teknik perumahan. Studi ini merujuk pada Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-1733-2004 serta berbagai regulasi terkait. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di lokasi perumahan, wawancara, dan analisis dokumen perumahan Bumi Dieng Indah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar rumah di Bumi Dieng Indah telah memenuhi standar kesehatan dan teknik yang ditetapkan, seperti penggunaan material bangunan berkualitas serta sistem pencahayaan dan ventilasi yang baik. Namun, beberapa aspek seperti luas minimum ruangan perlu penyesuaian agar sesuai dengan standar yang berlaku. Studi ini merekomendasikan peningkatan kualitas infrastruktur dan percepatan pembangunan fasilitas umum guna meningkatkan kualitas hidup penghuni.</p>2025-03-31T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/pasak/article/view/9436ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) PADA BUS RAPID TRANSIT (BRT) ANTARA DAERAH TRAYEK DATAR DAN TRAYEK PERBUKITAN DI KOTA SEMARANG2025-06-07T20:30:42+07:00Mego Purnomonomopur177@gmail.comMoch Husni DermawanMochHusni@gm.idIndra Hesty Nur KhotimahKhotimah@gm.id<p>Bus Rapid Transit (BRT) merupakan salah satu angkutan umum yang ada di kota semarang. BRT dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan atau bepergian selama beraktivitas. Kota Semarang memiliki 8 (delapan) koridor BRT dengan rute yang berbeda. Pada tahun 2021, tarif yang ditetapkan BRT di Kota Semarang adalah Rp. 3500,- untuk penumpang umum dan Rp. 1000,- untuk mahasiswa. Karena tarifnya yang murah. Banyak masyarakat yang masih menggunakan BRT sebagai transportasi sehari-hari. Tarif angkutan umum biasanya didasarkan pada Biaya Operasional Kendaraan (BOK).<br>Tarif yang diberikan Bus Rapid Transit Semarang pada tahun 2021 untuk sekali perjalanan adalah Rp. 1000 / penumpang dan Rp. 3500 untuk pelajar / mahasiswa. Tarif yang diberlakukan pada setiap transportasi publik harus ditentukan dengan bijak agar memberikan hasil yang dapat diterima oleh masyarakat dan perusahaan penyedia transportasi. Salah satu cara penentuan tarif suatu kendaraan adalah dengan melihat biaya operasional yang dikeluarkan pada jenis kendaraan tersebut. Perhitungan Biaya Operasional kendaraan ini dihitung dengan menggunakan metode Kementrian Perhubungan. Kota semarang merupakan kota dengan garis besar wilayah yang berbeda-beda, di Semarang bagian utara, garis konturnya lebih rendah dari bagian selatan. Karena kontur yang berbeda tersebut, angkutan umum di Semarang memiliki Biaya Operasional Kendaraan (BOK) yang berbeda untuk daerah dataran rendah dan perbukitan, salah satunya adalah Bus Rapid Transit (BRT) Trans semarang.<br>Penelitian akan dilakukan dengan mengambil data-data yang dibutuhkan untuk perhitungan biaya operasional kendaraan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara atau bertanya langsung dengan pihak perusahaan terkait. Setelah pengambilan data, maka data tersebut dimasukkan kedalam rumus hingga diperoleh hasil biaya operasional kendaraan pada masing-masing koridor. Pada penelitian ini, hasil perhitungan biaya operasional kendaraan adalah Rp. 5.997,89,-/km untuk koridor V dan Rp. 8.400,24-/km untuk koridor VIII. Terdapat perbedaan hasil dalam perhitungan pada kedua koridor, oleh karena itu perlu adanya kajian lebih lanjut untuk penetapan tarif. Tarif yang berlaku tidak bisa jika hanya berpatokan pada perhitungan biaya operasional kendaraan, perlu adanya kajian mengenai Ability to Pay dan Willingness to Pay.</p>2025-03-31T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##