PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU: A LITERATURE REVIEW IN INDONESIAN CONTEXT

Penulis

  • Rafika Indah University of Lampung ##default.groups.name.author##
  • Hasan Hariri Program Studi Doktor Pendidikan FKIP Universitas Lampung ##default.groups.name.author##
  • Riswanti Rini Program Studi Magister Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Lampung ##default.groups.name.author##
  • Atik Rusdiani Program Studi Magister Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Lampung ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i2.7422

Kata Kunci:

Kepemimpinan Situasional, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstrak

Kinerja guru yang berkualitas dan professional merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pembelajaran di sekolah. Semakin baik kinerja gurunya, maka kualitas layanan pendidikan semakin baik. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Salah satunya adalah kepemimpinan kepala sekolah. Dari berbagai gaya kepemimpinan kepala sekolah, artikel ini fokus menganalisis pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru yang saat ini masih kurang perhatian peneliti. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur, dimana data dikumpulkan melalui artikel dari tahun 2014 hingga 2023. Terdapat 14 artikel yang dikumpulkan melalui Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi penelitian selanjutnya dari aspek teoritis yaitu untuk menambah pengetahuan tentang pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru.

Referensi

Arisman, T. W., & Prihatin, E. (2021). Situational Leadership Readiness. 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020),
Bahasoan, A., Rahanra, I. Y., & Sinaga, H. (2023). The Situational Leadership Style Analysis of Principals at Urimesing A3 Ambon Christian Elementary School. J Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 10(1), 145–152-145–152. https://doi.org/10.37676/professional.v10i1.3748
Diwiyani, D., & Sarino, A. (2018). Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru sebagai determinan kinerja guru. Jurnal Manajerial, 17(1), 83-94. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9763
Hariri, H., Aristya, F. S., & Sowiyah, S. (2023). Effect of Principal’s Situational Leadership on Teacher’s Performance: A Literature Review. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 970-972. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5767
Jannah, M., Rini, R., Hariri, H., & Sowiyah, S. (2023). Principal Situational Leadership: A Literature Review. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1300-1304. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.6042
Lestari, N. P. N. E., Putra, P. E. A. P., Gorda, A. O. S., & Gorda, A. E. S. (2020). Situational Leadership, school of organizational climate teacher work and performance motivation. Enrichment: Journal of Management, 11(1, Novembe), 169-172. https://doi.org/10.35335/enrichment.v11i1,%20Novembe.58
Mudiyantun, Y. (2019). The Investigation Of Situational Leadership, And Work Motivation On Kindergarden Teacher Performance. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 2(1), 193-204.
Mulyadi, M., Ruswandi, U., Arifin, B. S., Zaqiah, Q. Y., & Business, M. (2023). The Effect of Situational Leadership Style of Madrasah Principals Against Work Motivation and Teacher Performance at MTS Riyadlul Huda and Mts Assakinah, West Bandung Regency. American Journal of Economic, 2(1), 19-32. https://doi.org/10.58631/ajemb.v2i1.13
Nursyamsiah, N. (2023). Evaluation of the School Principals Situational Leadership in Improving Teacher Performance. International Journal of Educational Management, 1(1), 17-24. https://doi.org/10.61398/ijemt.v1i1.16
Paramansyah, A., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Situational Leadership of Madrasah Aliyah's Head in Efforts to Improve Madrasah Quality in Bekasi City. International Journal of Research and Review, 8(1).
Prayanto, P., Natajaya, I. N., & Yudana, I. M. (2014). Kontribusi Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah, Pendekatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru Pns Pada SMP Negeri Di Kecamatan Gerokgak. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1213
Ruslan, R., Lian, B., & Fitria, H. (2020). The influence of principal’s situational leadership and teacher’s professionalism on teacher’s performance. International Journal of Progressive Sciences Technologies, 20(1), 135-143.
Sari, I. M., & Sowiyah, H. H. (2022). Situational Leadership Practices in School: A Literature Review. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V5-i7-22
Sentana, I. K. J., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Resiliensi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 104-115. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32082
Setiyadi, B., & Inirwana, I. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal SAP, 7(2), 236-242. https://doi.org/10.30998/sap.v7i2.13382
Suarna, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership Style and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences Technologies, 32, 20-31.
Suhardi, E. (2019). Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Edum Journal, 2(1), 53-64. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v2i1.22
Syarifudin, A., Uliyah, T., & Widiastuti, N. (2023). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah SMK Muktazam Gisting. UNISAN JURNAL, 2(3), 500-509.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09

Cara Mengutip

“PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU: A LITERATURE REVIEW IN INDONESIAN CONTEXT”. 2024. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 7 (2): 88-99. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i2.7422.