POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP AKHLAK ANAK

(Studi Komparasi Ditinjau Dari Pekerjaan Orang Tua)

Penulis

  • Salis Irvan Fuadi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Wonosobo ##default.groups.name.author##
  • Nur Farida Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Wonosobo ##default.groups.name.author##
  • Rindi Antika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Wonosobo ##default.groups.name.author##
  • Dwi Priharti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Wonosobo ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1577

Kata Kunci:

akhlak, pola asuh, pekerja luar negeri, rumah tangga

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dalam kehidupan sosial di masyarakat Dusun Karangreja Desa Dempel  yaitu rendahnya kualitas akhlak individu anak.  Hal ini dikarenakan dengan pola asuh orang tua dimana mereka sebagian menjadi pekerja luar negeri dan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara akhlak anak dengan pola asuh orang tua pekerja luar negeri dan pola asuh orang tua rumah tangga di Dusun Karangrejo Desa Dempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal-komparatif. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis statistik t-test. Dari hasil uji analisis t-test diketahui bahwa terdapat perbedaan yang sebesar 1,120 anatara pola asuh orang tua pekerja luar negeri dan rumah tangga terhadap akhlak anak, dengan niai ttabel pada N=30, taraf signifikansi 5 % (taraf kepercayaan 95 %) yaitu 2,045 maka thitung < ttabel atau (1,120<2,045) dan pada taraf signifikansi 1 % yaitu 2,756, maka thitung < ttabel (1,120 < 2,756).  Ketentuan bila thitung < ttabel maka hasilnya tidak signifikansi. Dari analisis diatas   maka dapat disimpulakn bahwa hipotesis kerja (Hi) ditolak, sedangkan hipotesis nol (Ho) diterima.

Referensi

Adawiyah,Robiatul. 2017. “Pola Asuh Orangtua dan Implikaisnya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak Di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan)”.Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 7. FKIP ULM Banjarmasin.
Amelia, Bela dkk. 2015. Jurnal. Hubungan Pola Asuh orang Tua dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Remaja di Daerah Pesisir Riau. Volume 2. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau.
Daradjat, Zakiah, dkk. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Ihsan, Fuad. 2011. Dasar Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Lestari, S dan Gatini. 2010. Pendidikan Islam Kontekstual, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Mufidah, Zulfin Rachma. 2018. “The Implementation Of Parenting Education Program For The Students’ Parent To Support The Child-Friendly Education In Elementary School”.Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran: Volume 6 No 3 ICEE: 2018. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Muhidin, Sambas Ali dan Maman Abdurrahman. 2011. Analisis Korelasi Regersi Dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia
Nabella, Novi Fuaida. 2018. “ Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Terhadap Anak (Studi Kasus Tiga Keluarga di Perumnas Pakisjajar Malang” Skiripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-01

Cara Mengutip

“POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP AKHLAK ANAK: (Studi Komparasi Ditinjau Dari Pekerjaan Orang Tua)”. 2020. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 3 (2): 64-79. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1577.