METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAM GENERASI UNGGUL DAN SUKSES
DOI:
https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1295Kata Kunci:
Metode, Pembelajaran, Anak Usia DiniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah arti pendidikan usia dini dan metode apa yang digunakan untuk anak usia dini. Pendidikan usia dini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar bagi kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama. Sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak anak usia dini harus dimulai agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal, hal ini harus sesuai dengan cara/metode yang digunakan pada usia tersebut sehingga anak tidak menjadi bosan.
Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kalitatif dangen pendekatan deskriptif kualitatif. Metode mengambilkan data dengan obserwasi dan wawancara, dan kemudian dianalis. Selanjutnya hasilnya adalah pendidikan anak usia dini yaitu anak yang baru dilahirkan sampai usia 6 tahun. Proses pembelajaran pada usia ini sangat menetukan pembentukan karakter dan kepribadian anak. Selanjutnya Pengajaran di RA IPKB, metode pengajaran yang ada di PAUD ini adalah bermain, bercerita, bernyanyi, bercakap, karyawisata dan praktik langsung. Karena pengajaran untuk anak usia dini di RA IPKB saya rasa sudah layak, sebab tidak hanya ilmu pengetahuan umum yang di dapat, tetapi ilmu agama anak-anak juga di belaki. Dengan demikian anak-anak bisa bersaing nantinya di sekolah lanjutan yang tidak hanya intelektual yang di dapat, namun sepiritual juga dimiliki.
Referensi
Hari wijaya, Muhammad dan Bertiani Eka Sukaca, PAUD Melejitkan potensi anak dengan pendidikan sejak dini, Bandung. 2007
Minarti, Sri, Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis & Aplikatif-Normatif, Cet. 1, Jakarta: Amzah, 2013
Nurani Sujion, Yuliani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT INDEKS, 2009
Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama, 2014
Ruslan, Agus, Pendidikan Usia Dini Yang Baik, landasan Keberhasilan Pendidikan Masa Depan, Darul Ma’arif: Bandung, 2007
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002
Suyadi, Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Uhbiyati, Nur, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2013
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
