METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAM GENERASI UNGGUL DAN SUKSES

Penulis

  • Siswanto Siswanto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup ##default.groups.name.author##
  • Zaelansyah Zaelansyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup ##default.groups.name.author##
  • Eli Susanti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup ##default.groups.name.author##
  • Jeni Fransiska Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup ##default.groups.name.author##

DOI:

https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1295

Kata Kunci:

Metode, Pembelajaran, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah arti pendidikan usia dini dan metode apa yang digunakan untuk anak usia dini. Pendidikan usia dini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar bagi kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama. Sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak anak usia dini harus dimulai agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal, hal ini harus sesuai dengan cara/metode yang digunakan pada usia tersebut sehingga anak tidak menjadi bosan.

Adapun penelitian ini menggunakan penelitian kalitatif dangen pendekatan deskriptif kualitatif. Metode mengambilkan data dengan obserwasi dan wawancara, dan kemudian dianalis. Selanjutnya hasilnya adalah pendidikan anak usia dini yaitu anak yang baru dilahirkan sampai usia 6 tahun. Proses pembelajaran pada usia ini sangat menetukan pembentukan karakter dan kepribadian anak. Selanjutnya Pengajaran di RA IPKB, metode pengajaran yang ada di PAUD ini adalah bermain, bercerita, bernyanyi, bercakap, karyawisata dan praktik langsung. Karena pengajaran untuk anak usia dini di RA IPKB saya rasa sudah layak, sebab tidak hanya ilmu pengetahuan umum yang di dapat, tetapi ilmu agama anak-anak juga di belaki. Dengan demikian anak-anak bisa bersaing nantinya di sekolah lanjutan yang tidak hanya intelektual yang di dapat, namun sepiritual juga dimiliki.

Referensi

Basri, Hasan, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009
Hari wijaya, Muhammad dan Bertiani Eka Sukaca, PAUD Melejitkan potensi anak dengan pendidikan sejak dini, Bandung. 2007
Minarti, Sri, Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis & Aplikatif-Normatif, Cet. 1, Jakarta: Amzah, 2013
Nurani Sujion, Yuliani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT INDEKS, 2009
Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama, 2014
Ruslan, Agus, Pendidikan Usia Dini Yang Baik, landasan Keberhasilan Pendidikan Masa Depan, Darul Ma’arif: Bandung, 2007
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002
Suyadi, Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Uhbiyati, Nur, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2013

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-05

Cara Mengutip

“METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAM GENERASI UNGGUL DAN SUKSES”. 2019. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 (2): 35-44. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1295.