UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO
Abstrak
Masalah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian ini adalah kurangnya
peran orang tua di rumah dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak-anak
yang berdampak pada anak di sekolah. Selain itu, peran guru di sekolah dalam upaya
menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam pembelajaran pendidikan Islam itu masih kurang
maksimal, terutama di sekolah menengah pertama Takhassus Al-Quran Wonosobo.
Karena itu peran orang tua di rumah dan guru di sekolah belajar pendidikan Islam
sangat penting dalam konteks menumbuhkan nilai kejujuran pada anak-anak, terutama
di sekolah menengah pertama Takhassus Al-Quran Wonosobo. Penelitian ini adalah
penelitian lapangan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel
dengan purposive sampling, yaitu sesuai dengan tujuan penelitian yang dilakukan.
Sampel diambil secara acak sebanyak 25% atau 68 responden dari populasi umum SMP
kelas delapan Takhassus Al-Quran Wonosobo, yang berjumlah 273 peserta didik. Metode
yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi: metode observasi, wawancara,
metode studi dokumen, dan, dalam metode kuesioner. Teknik analisis data adalah
analisis deskriptif dengan menggunakan teknik kualitatif. Hasil berdasarkan wawancara
menunjukkan bahwa 70% siswa menjawab ya (positif) dan mendukung upaya penanaman
nilai kejujuran dalam belajar pendidikan Islam di SMP Takhassus Al-Quran Wonosobo,
berdasarkan perhitungan pada sejumlah item menunjukkan bahwa 67 atau 98,53%
siswa menyatakan bahwa mereka mendukung nilai penanaman kejujuran dalam belajar
pendidikan Islam, dan perhitungan berdasarkan setiap pilihan jawaban menunjukkan
bahwa sebanyak 70,15% siswa menyatakan sikap positif terhadap upaya penanaman nilai
kejujuran di SMP SMA Takhassus Al-Qur 'an Wonosobo.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta
Brannen, Julia. 2004. Memadu Metode Penelitian
Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Daradjat, Zakiah. 2004. Ilmu Pendidikan Islam.
Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi
Orang Tua dan Anak dalam Keluarga;
Sebuah Perspektif Pendidikan Islam.
Jakarta: Rineka Cipta.
Kerlinger, Fred, N. 2004. Asas-asas Penelitian
Behavioral, terjemahan oleh Landung
R. Simatupang, judul asli Foundation of
Behavioral Research, cet. x. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Madjid, Abdul, dan Dian Andayani. 2011.
Pendidikan Karakter Perspektif Islam.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran;
Mengembangkan Standar Kompetensi
Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution, S. 1993. Pengembangan Kurikulum.
Bandung: Citra Aditya Bakti
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Syah, Darwyn. 2009. Pengembangan Evaluasi
Sistem Pendidikan Agama Islam. Jakarta:
Diadit Media.
Syah, Darwyn. 2007. Perencanaan Sistem
Pengajaran Pendidikan Agama Islam.
Jakarta: Gaung Persada Press
Thalib, M. 1995. 40 Tanggung Jawab Orang Tua
terhadap Anak. Bandung: Irsyad Baitus
Salam.
Pemberitahuan Hak Cipta
1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun), dan menyesuaikan (mencampur, mengubah, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi dalam jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).