UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO

  • Nur Farida Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Jawa Tengah
Kata Kunci: Nilai-nilai Kejujuran, Pembelajaran Pendidikan Islam

Abstrak

Masalah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian ini adalah kurangnya
peran orang tua di rumah dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak-anak
yang berdampak pada anak di sekolah. Selain itu, peran guru di sekolah dalam upaya
menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam pembelajaran pendidikan Islam itu masih kurang
maksimal, terutama di sekolah menengah pertama Takhassus Al-Quran Wonosobo.
Karena itu peran orang tua di rumah dan guru di sekolah belajar pendidikan Islam
sangat penting dalam konteks menumbuhkan nilai kejujuran pada anak-anak, terutama
di sekolah menengah pertama Takhassus Al-Quran Wonosobo. Penelitian ini adalah
penelitian lapangan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel
dengan purposive sampling, yaitu sesuai dengan tujuan penelitian yang dilakukan.
Sampel diambil secara acak sebanyak 25% atau 68 responden dari populasi umum SMP
kelas delapan Takhassus Al-Quran Wonosobo, yang berjumlah 273 peserta didik. Metode
yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi: metode observasi, wawancara,
metode studi dokumen, dan, dalam metode kuesioner. Teknik analisis data adalah
analisis deskriptif dengan menggunakan teknik kualitatif. Hasil berdasarkan wawancara
menunjukkan bahwa 70% siswa menjawab ya (positif) dan mendukung upaya penanaman
nilai kejujuran dalam belajar pendidikan Islam di SMP Takhassus Al-Quran Wonosobo,
berdasarkan perhitungan pada sejumlah item menunjukkan bahwa 67 atau 98,53%
siswa menyatakan bahwa mereka mendukung nilai penanaman kejujuran dalam belajar
pendidikan Islam, dan perhitungan berdasarkan setiap pilihan jawaban menunjukkan
bahwa sebanyak 70,15% siswa menyatakan sikap positif terhadap upaya penanaman nilai
kejujuran di SMP SMA Takhassus Al-Qur 'an Wonosobo.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian;
Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta
Brannen, Julia. 2004. Memadu Metode Penelitian
Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Daradjat, Zakiah. 2004. Ilmu Pendidikan Islam.
Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi
Orang Tua dan Anak dalam Keluarga;
Sebuah Perspektif Pendidikan Islam.
Jakarta: Rineka Cipta.
Kerlinger, Fred, N. 2004. Asas-asas Penelitian
Behavioral, terjemahan oleh Landung
R. Simatupang, judul asli Foundation of
Behavioral Research, cet. x. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Madjid, Abdul, dan Dian Andayani. 2011.
Pendidikan Karakter Perspektif Islam.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran;
Mengembangkan Standar Kompetensi
Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution, S. 1993. Pengembangan Kurikulum.
Bandung: Citra Aditya Bakti
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Syah, Darwyn. 2009. Pengembangan Evaluasi
Sistem Pendidikan Agama Islam. Jakarta:
Diadit Media.
Syah, Darwyn. 2007. Perencanaan Sistem
Pengajaran Pendidikan Agama Islam.
Jakarta: Gaung Persada Press
Thalib, M. 1995. 40 Tanggung Jawab Orang Tua
terhadap Anak. Bandung: Irsyad Baitus
Salam.
Diterbitkan
2019-10-05
##submission.howToCite##